Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pancake: Bahan Sederhana, Taburan Apa Saja

Kompas.com - 31/07/2010, 23:22 WIB

KOMPAS.com - Bahan utama pembuatan pancake adalah tepung terigu, susu, gula, mentega, air, telur, plus pengembang. Cara memasaknya pun sederhana, tinggal menuangkan adonan ke wajan dan kadang cukup satu sisi saja yang bersentuhan dengan wajan.

Untuk menikmatinya, pancake yang masih hangat dapat diguyur sirup, madu, aneka selai, atau cukup bertabur gula halus dan olesan mentega. Pancake dapat pula dinikmati bersama es krim, cokelat leleh, buah-buahan, keju, jus buah kental, dan kacang-kacangan.

Selain pancake manis, ada pula pancake asin (savoury) yang cocok dipadukan sayuran, ikan, jamur, telur, daging sapi, sosis, dan daging ayam. Tentu saja lengkap dengan kucuran saus tomat, mayones, atau saus lainnya. Untuk pancake jenis ini, takaran gula dapat ditiadakan atau hanya dipakai sedikit saja.

Dari bahan baku sama, dapat dibuat hidangan berbeda dengan nama yang lain. Maka, lazim dijumpai dalam daftar menu pancake sejajar dengan waffle. Namun, waffle lebih sering disajikan manis dengan sirup, madu, mentega, atau es krim.

Penganan ini dapat disantap kapan saja, untuk sarapan sampai makan malam. Layak menjadi hidangan pembuka, utama, hingga penutup. Bahkan, pancake dapat pula menjadi kudapan. Cocok disajikan untuk anak balita dan orang dewasa.

Meski banyak orang menganggap pancake hidangan khas Barat, sesungguhnya hidangan sejenis dan masih berkerabat dengan pancake ada di berbagai pelosok dunia. Hanya saja, namanya berbeda-beda.

Di Perancis, misalnya, mereka membuatnya dalam versi tipis dan menyebutnya crepe. Di Jerman, ada pancake yang terbuat dari kentang. Negeri Belanda menyebut pancake dengan pannekoek.

Di Italia, mereka menyebutnya crespelle. Mereka juga senang mengisi pancake dengan keju ricotta dan cokelat, lalu menggorengnya. Mereka menyebut sajian ini cannoli.

Sementara di Afrika, banyak negara mengenal pancake dengan nama pannekoek. Hidangan ini disajikan bersama taburan gula dan bubuk kayu manis.

Di Amerika Utara, pancake kerap disebut hotcake, griddlecake, atau flapjacks. Lain halnya di Meksiko, mereka menamainya cajeta.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com