Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Bahasa Tubuh Anda dan Si Dia

Kompas.com - 10/08/2010, 08:32 WIB

KOMPAS.com - Tanpa kita sadari, gerak-gerik atau bahasa tubuh kita ternyata menunjukkan bagaimana perasaan kita saat ini. Saat berinteraksi dengan pasangan, misalnya, bagaimana kita menempatkan anggota tubuh terhadap tubuh pasangan, memberi makna yang jelas tentang situasi hubungan kita.

Di sini, pakar bahasa tubuh dan penulis buku The Body Language Bible, Judi James, ingin menunjukkan bagaimana bahasa tubuh para selebriti Hollywood menyatakan relasi mereka dan pasangan.

Brad Pitt dan Angelina Jolie
Kesadaran sebagai pasangan yang paling menjadi incaran paparazzi, sekaligus serbuan gosip yang mengatakan bahwa hubungan mereka berada di ambang perpecahan, jelas terlihat dalam bahasa tubuh pasangan ini. Angelina berusaha menjadikan dirinya perisai, dengan memeluk Brad sambil menutupi tubuh bagian depannya dengan lengan. Hal ini masih ditambah dengan senyuman dari balik pundaknya yang terkesan malu-malu, menunjukkan bahwa ia telah memenangkan seorang pria yang sempurna. Sebaliknya, bahasa tubuh Brad tidak begitu terikat. Kepalanya sedikit condong ke samping, dan dengan menyembunyikan matanya di balik sunglasses dan memasukkan tangan kirinya di saku celana, menunjukkan keinginannya untuk menyembunyikan sesuatu.

Ashton Kutcher dan Demi Moore
Kisah cinta pasangan ini tak mungkin terlupakan. Ashton yang berwajah imut dan memutuskan menikahi Demi yang lebih tua 15 tahun, sempat bikin para perempuan muda patah hati. Namun dalam banyak foto mereka, Ashton nyaris selalu terlihat berdiri di depan, menempatkan Demi pada posisi yang tunduk padanya. Demi kerap terlihat memegang lengan atas suaminya, yang merupakan penegasan atas "teritori" atas kepemilikannya. Sementara kedua tangan Ashton lebih sering masuk ke saku celananya ketimbang membalas sentuhan Demi. Suami muda selalu bikin perempuan insecure?

Tom Cruise dan Katie Holmes
Tom, seperti biasa, terlihat sangat percaya diri dan merasa aman. Terlihat dari tangannya yang mengelilingi pinggang Katie, secara protektif memegang erat "pialanya". Sedangkan tangan satunya santai di dalam saku celananya. Di lain pihak, kebahagiaan Katie tampak merekah. Ia mencondongkan tubuhnya ke arah tubuh Tom, dan menyandarkan wajahnya ke wajah sang suami sambil menatap kamera secara provokatif. Katie menikmati segala curahan kasih sayang dari suaminya. Pose yang sangat "terkoreografi" ini memang sedikit murahan, tetapi mereka memang berusaha keras menyenangkan publik demi kesenangan mereka juga.

David dan Victoria Beckham
Kedua orang ini sama-sama memiliki karakter yang kuat, dan saling berbagi perhatian dari publik. "Ini adalah pose khas dari pasangan papan atas ini; Beckham dengan gaya macho dan heroiknya, dan Posh dengan pose ala model catwalk di sisinya," ujar Judi. Tangan Posh yang diletakkan di pinggangnya dengan sempurna menekankan sikap dominannya. Sementara tangan Beckham yang ditempelkan di bokong Posh menunjukkan bahwa pria ini menganggap istrinya masih seksi!

Sarah Jessica Parker dan Matthew Broderick
Si Carrie Bradshaw ini boleh saja lebih populer daripada sang suami. Namun dengan mengarahkan tubuhnya ke arah Matthew sambil menatapnya dengan pandangan memuja (dan bukannya tersenyum pada kamera), SJP tengah berusaha menunjukkan kesetiaannya pada sang suami daripada penggemarnya. Sebaliknya, postur Matthew terlihat kaku. Meskipun begitu, senyum tipisnya mengatakan bahwa meskipun tak menyukai pose di depan publik, ia senang karena istrinya menikmatinya.

George Clooney dan Elisabetta Canalis
Meskipun Elisabetta disebut-sebut bakal jadi perempuan yang akan  mengakhiri masa lajang George, bahasa tubuh keduanya menunjukkan bahwa kisah cinta mereka tak bakal berumur panjang. Elisabetta menginginkan relasi seksual, dan hal ini terlihat dari bagaimana ia meletakkan tangan kirinya. Kepalanya pun menyandar ke kepala George, sementara pria 49 tahun ini  memegang lengan pasangannya dengan canggung. "Ia (George) terbiasa membujang, dan ia berpose seolah ia lupa Elisabetta ada di sana. (Elisabetta) Hanya jadi pemanis," ujar Katia Loisel-Furey, pakar bahasa tubuh yang juga penulis buku The Dating Bible.

Tony Parker dan Eva Longoria
Pemain San Antonio Spurs ini masih sangat muda ketika mulai membina hubungan dengan Eva Longoria, yang melejit lewat Desperate Housewives. Senyum Eva menunjukkan kegembiraan yang tulus terhadap pasangannya. Dengan mendongakkan kepaladan menutup matanya, Eva ingin menciptakan sesi ciuman di dahi yang paling manis dan romantis. Ciuman ini memang sudah menunjukkan rasa sayang dengan sempurna, namun pose tubuh Tony sendiri masih terlihat kaku. Hal ini menunjukkan bahwa ia masih membiasakan diri dengan perhatian dari pers, dan mencoba terlihat seromantis mungkin.

Jessica Alba dan Cash Warren
Mengusap wajah pasangan, membersihkan bulu-bulu halus yang menempel di bajunya, atau memungut helaian rambut di wajahnya, merupakan tanda dari cinta yang baru bersemi. Pada pasangan ini, hal itu membuktikan bahwa ketertarikan fisik di antara keduanya masih kuat. Terlihat jelas bahwa ada aktivitas seksual yang tinggi di antara mereka. Misalnya, dari lengan Cash menyilang di paha Jessica, dan sikunya menempel di pinggulnya, tanpa rasa risih. Tangan Cash yang memegang ujung kaki celana Jessica adalah gestur dari kepemilikan. Pria yang bekerja sebagai produser film ini mungkin sedang tidak konsentrasi dengan istrinya, namun pasangan yang sudah dikaruniai dara cilik berusia 2 tahun ini masih terhubung dengan kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com