Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Saham untuk Penghidupan?

Kompas.com - 15/08/2010, 03:44 WIB

Adler Haymans Manurung praktisi keuangan

Apakah bermain saham bisa menjadi sumber pendapatan sehari-hari? Indeks harga saham gabungan atau IHSG meningkat cukup besar tahun ini. Investor bisa mempunyai persepsi bahwa bursa dapat dipergunakan untuk menghidupi keluarga dan ber- investasi.

Dalam tahun ini, IHSG sudah naik cukup tinggi . IHSG dimulai pada akhir tahun di level 2534,356 dan meningkat di level 3060, 593 pada akhir 6 Agustus 2010. Artinya, IHSG meningkat sebesar 20,76% setelah 8 bulan. Bahkan, IHSG diperkirakan beberapa analis menjadi level 3.300 pada akhir tahun. Investor akan menikmati capital gain yang cukup besar di bursa saham.

Jika kenaikannya sebesar 20% per tahun, investor menikmati nilai hasil investasi sekitar 10%, dan sekitar 10% dipergunakan untuk kehidupan sehari-hari. Apabila alokasi hasil ini dipakai sebagai patokan, investor pasti bertanya bagaimana saya bisa mendapatkan keuntungan tersebut.

Risiko investasi

Ada beberapa patokan yang dipergunakan atau dipertimbangkan oleh investor agar mereka dapat hidup dengan bermain saham. Pertama, harus disadari bahwa bermain saham mempunyai risiko yang cukup besar. Harga saham di Bursa Efek Indonesia sangat berfluktuasi dibandingkan dengan bursa regional, bahkan dengan bursa yang sudah maju.

Risiko investasi di bursa efek yang maju seperti Amerika Serikat diukur dengan simpangan baku dari tingkat pengembalian yang besarnya 7,5%-15%. Adapun risiko investasi Bursa Singapura di antara 10% sampai dengan 20%, sedangkan di Bursa Efek Indonesia risiko cukup tinggi, sekitar 40%, bahkan apabila dilihat bulanannya sebesar 5%. Bursa regional sekitar negara ASEAN mempunyai risiko di atas 25% dan di bawah 40%.

Tingginya risiko (standard of deviation of return) ini juga menyatakan bahwa Bursa Efek Indonesia dapat memperoleh untung.

Bursa Efek Indonesia juga dapat disebut sebagai bursa yang masih kurang efisien. Biasanya, para pakar keuangan menyatakan, untuk mendapatkan capital gain yang besar, investor harus bermain saham pada bursa yang kurang berkembang atau kurang efisien.

Tidak rakus

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com