Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risiko Kecil untuk Cari Pekerjaan Lebih Baik

Kompas.com - 03/09/2010, 15:07 WIB

KOMPAS.com - Saat ini, mencari pekerjaan tak semudah membalik telapak tangan. Tetapi, begitu Anda sudah memiliki pekerjaan, tak jarang akan banyak tantangan yang dihadapi. Mulai dari mempertahankan kedudukan, pemenuhan kebutuhan batin, dan banyak hal lainnya. Tak heran, Anda pun mulai gerah di tempat kerja. Namun, ketimbang terbakar rasa ketidakpuasan, ada baiknya Anda memperkaya diri dan memanfaatkan keadaan yang ada di tempat sekarang dengan segala kemampuan sebelum melempar resume ke perusahan-perusahaan lain. Berikut beberapa cara untuk Anda mengambil segala keuntungan dari tempat kerja yang sekarang, sehingga ketika sewaktu-waktu Anda harus meninggalkan posisi sekarang, Anda sudah siap:

1. Lebih spesifik
Cara yang paling rendah resiko untuk mengatur langkah karir Anda adalah dengan membuat daftar berbagai hal yang Anda sukai dan kemampuan yang dimiliki. Anda juga dapat membuat daftar tentang hal-hal apa saja yang menghambat keberhasilan Anda, dan lain sebagainya. Buat daftar ini sangat spesifik tentang diri Anda. Lewat daftar ini, Anda bisa melihat peluang untuk melakukan perbaikan di ruang apa. Lihat di mana kelemahan dan kekuatan Anda.

2. Membangun keterampilan
Seringkali, perusahaan menyiapkan program subsidi pendidikan yang dapat membuat karyawannya mengembangkan keterampilan masing-masing. Pikirkanlah keterampilan apa yang Anda miliki. Anda dapat memoles keterampilan tersebut dengan beberapa perbaikan. Dengan demikian, hal itu dapat menambah isi resume Anda.

3. Relawan
Apakah ada suatu organisasi atau yayasan yang menarik minat Anda? Cobalah mencari jalan masuk lewat pekerjaan dengan dasar sukarela. Anda bisa coba dengan magang atau freelance. Dengan begini, Anda akan menjadi orang yang pertama kali tahu jika ada lowongan di tempat tersebut. Motif yang terlalu kentara akan membuat orang ilfil. Jadi, cobalah kerjakan pekerjaan yang diberikan kepada Anda dengan sukacita. Jadilah orang yang sigap dan tanggap dengan pekerjaan yang diberikan. Coba buat impresi yang baik. Bahkan jika pada akhirnya tak ada lowongan pun, Anda kini sudah memiliki pengalaman di bidang tersebut dan bisa Anda tawarkan ke perusahaan yang bergerak di bidang serupa, plus rekomendasi dari perusahaan tadi.

4. Menghadiri wawancara
Wawancara bukan hanya untuk anak-anak yang akan masuk ke perguruan tinggi. Wawancara adalah cara terbaik untuk bertemu dengan orang-orang dan membawa kehadiran Anda dalam sudut pandang mereka. Ketika pekerjaan yang sesuai dengan Anda muncul, mereka akan berpikir tentang Anda. Dengan demikian, Anda baru saja menambahkan kontak lain yang sangat berharga. Jangan mengandalkan reputasi tinggi Anda. Hanya karena saat ini posisi Anda  sudah cukup tinggi, lalu Anda enggan datang ke wawancara. Hadirilah acara-acara yang berkaitan dengan bidang yang Anda minati. Acara-acara informal juga bisa memetakan Anda di mata orang-orang yang berkepentingan sama.

5. Memperkuat hubungan yang sudah ada
Anda pasti memiliki banyak teman di Facebook atau situs jejaring sosial yang lainnya. Anda dapat mengumpulkan mereka untuk beberapa kepentingan, tidak hanya untuk kepentingan bermain saja. Anda dapat mencari tahu pekerjaan apa saja yang mereka tekuni. Coba bangun kembali pertemanan dengan rekan-rekan lama Anda. Dengan mempererat hubungan dengan teman, Anda dapat memperoleh informasi mengenai berbagai macam pekerjaan yang Anda harapkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com