Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik Peregangan di Balik Kemudi

Kompas.com - 04/09/2010, 15:49 WIB

KOMPAS.com — Peregangan merupakan salah satu jenis olahraga yang memberi efek relaksasi pada tubuh Anda. Latihan peregangan yang benar bisa meredakan tubuh yang kaku selama berkendara sekian jam lamanya. Cara ini tepat dipraktikkan bagi pemudik yang memilih jalur darat dengan waktu tempuh lebih lama.

Spesialis kedokteran olahraga, dr Grace Tumbelaka, SpKO, menjelaskan bahwa peregangan bisa dilakukan kapan dan di mana saja, bahkan di balik kemudi. Penting untuk dicatat, lakukan peregangan dengan teknik yang benar agar hasilnya pun maksimal.

"Pastikan Anda melakukan gerakan peregangan dengan benar dan hitungan waktu yang tepat. Aturannya, lakukan peregangan selama 10 hitungan atau 10 detik dengan satu kali repetisi gerakan," papar dr Grace saat dihubungi Kompas Female, Sabtu (4/9/2010).

Jangan terlalu cepat dalam melakukan hitungan pada setiap latihan peregangan. Lakukanlah perlahan dan pastikan gerakan otot yang diregangkan sudah tepat. Jika kondisinya tak memungkinkan Anda untuk keluar dari kendaraan, maka lakukan saja peregangan di dalam kendaraan. Peregangan juga bisa dilakukan dengan posisi duduk. 

Teknik peregangan dengan posisi duduk
Jika Anda tak mengemudi, maka kapan pun merasa badan mulai pegal atau tubuh lemas karena mengantuk, lakukan saja peregangan sambil duduk. Otot yang kaku pada area leher, kaki, lengan, dan punggung bisa dilenturkan dengan latihan peregangan sambil duduk. Lakukan satu kali repetisi selama 10 hitungan.

Teknik peregangan dengan posisi di balik stir
Jika Anda mengemudi, maka tak perlu pindah dari posisi duduk Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menepilah di tempat yang nyaman. Matikan mesin kendaraan Anda untuk memulai peregangan. Sama seperti di atas, lakukan peregangan pada otot yang kaku di sekitar leher, kaki, lengan, dan punggung dengan posisi duduk.

Anda juga bisa menggunakan stir sebagai alat bantu. Caranya, duduklah tegak lalu rangkul stir di depan Anda. Kemudian, perlahan bungkukkan badan ke arah depan (ke arah stir), rasakan peregangan yang berfokus pada punggung Anda. Lakukan gerakan ini 10 hitungan untuk satu kali repetisi. Ulangi kapan pun Anda membutuhkan latihan ini untuk meredakan ketegangan pada tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com