Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Strategi Agar Hubungan Lebih Berkualitas

Kompas.com - 15/09/2010, 08:12 WIB

KOMPAS.com - Membangun dan menumbuhkan hubungan berpasangan bukan pekerjaan mudah, namun tak juga menyulitkan. Selalu ada cara untuk meningkatkan kualitas hubungan dan membuatnya lebih sehat. Terutama bagi pasangan menikah yang sudah menjalani hubungan dalam waktu lama.

Biasanya, saat menghadapi perselisihan, fokus utamanya adalah mencari hal-hal buruk dalam diri pasangan. Jika ingin memiliki hubungan yang lebih sehat, praktekkan strategi yang disampaikan oleh Dia Thabet, penulis dan pendiri website 2achieveyourgoals.com seputar law of attraction, berikut ini:

1. Membuat keputusan bersama
Banyak pasangan yang terjebak dalam konflik karena berpikir bahwa pengambilan keputusan hanyalah peran salah satu orang. Pengambil keputusan tak bisa berpusat pada Anda atau pasangan saja. Hubungan berpasangan membutuhkan keterlibatan dua individu dalam mengambil keputusan tentang hubungan maupun seputar masalah keluarga kedua belah pihak. Upayakan untuk selalu membuat keputusan bersama, bukan hanya keputusan Anda atau dia.

2. Fokus pada solusi
Pertengkaran dalam hubungan berpasangan tak terhindarkan. Hanya saja masalah bertambah runyam ketika pasangan hanya berkutat pada masalah daripada solusinya. Jadi, mulai sekarang, cobalah untuk selalu fokus pada solusi masalah utamanya. Bicarakan bersama pasangan apa yang mengganggu Anda, lalu cari solusinya bersama-sama.

3. Tunjukkan perhatian
Sebagai individu, Anda dan pasangan pastinya memiliki kegemaran masing-masing. Pekerjaan dan hubungan pertemanan seringkali menyibukkan Anda, begitupun pasangan. Seimbangkan aktivitas personal Anda dengan hubungan berpasangan. Bagaimanapun, pasangan membutuhkan perhatian Anda, dengan melakukan kegiatan berdua.

4. Saling membantu
Rasa peduli kepada pasangan bisa ditunjukkan dengan banyak cara. Di antaranya dengan membangun kedekatan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan bersama. Memasak berdua salah satu contohnya. Tugas menyiapkan makanan bukan hanya milik istri, bukan? Suami bisa menunjukkan bahwa ia peduli dengan melakukan bantuan di dapur. Ikut memotong-motong sayuran atau mencuci panci yang baru dipakai juga sangat membantu, lho.

5. Menunjukkan minat dan perasaan
Anda dan pasangan tentunya sudah memahami betul bagaimana minat masing-masing, begitupun dengan perasaannya. Agar pasangan tak berasumsi, katakan seperti apa perasaan Anda terhadapnya. Ungkapkan apa yang menjadi minat dan keinginan Anda. Membangun emosi berpasangan bisa dimulai dengan mengutarakan perasaan Anda.

6. Luangkan waktu bersama
Kesibukan pekerjaan tak terhindarkan, meski bukan berarti menjadi alasan untuk mengurangi kebersamaan bersama suami atau istri. Luangkanlah waktu libur bersama pasangan. Ciptakan kegiatan yang menyenangkan untuk berdua. Misinya adalah menjaga rasa saling menghargai, saling mencintai, dan tentu saja memperhatikan satu sama lain. Inilah tantangan bagi Anda dan pasangan. Apalagi jika saat ini Anda sudah dikaruniai anak. Kebersamaan bersama pasangan perlu dibangun dan diciptakan melalui berbagai cara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com