Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekuatan Wanita di Koleksi Kle Fall-Winter 2010

Kompas.com - 18/09/2010, 19:28 WIB

KOMPAS.com - Kle, merupakan brand yang baru berkembang di kancah fashion Indonesia. Namun, pendirinya, Kleting Titis Wigati, meski masih muda, sudah memiliki banyak penghargaan dan prestasi dari kemampuan mendesainnya. Jumat, (17/9/2010) lalu, Kle memamerkan koleksi terbaru untuk Fall/Winter 2010-nya di kaca display gerainya yang dipakaikan pada model yang bergaya ala manekin.

Di bawah tema The Aftermath, Kle masih membawa garis yang menunjukkan kekuatan dan keberanian wanita dalam rancangannya. Inspirasi kali ini, diceritakan Kleting kepada Kompas Female, "Dari tahun 1940-1950an. Filosofinya dari women empowerment."

Kleting menceritakan, sejak lama ia memang menyukai sejarah, dan menurutnya, pasca Perang Dunia II, kehidupan manusia masih terkena imbas dan perekonomian belum terlalu stabil. Alhasil, para wanita pada zaman tersebut harus mulai bekerja. Untuk bekerja, wanita harus mulai mengenakan busana yang memudahkannya bergerak, tak bisa lagi mengenakan gaun panjang seperti di abad-abad sebelumnya. Pakaian utilitarian dan sedikit mannish (androginy) pun menjadi pilihan.

Kle mengambil garis rancang yang mengeksploitasi pola polos namun banyak menggunakan potongan-potongan yang tidak umum. Misal, rok pensil dengan tambahan kain lipit asimetris di depannya, celana jodhpur dengan side flap, kemeja putih dengan tambahan tali panjang di bagian depan, dan lainnya.

"Kali ini, potongannya lebih konservatif. Banyak high waisted, pencil skirt, throw over, cape, celana, kemeja, dan lainnya," jelas lulusan sekolah mode di Italia ini. Pundak yang melengkung, fabric layering, detail di sana-sini seperti menjadi ciri khas Kle yang unik.

Koleksi barunya ini tersedia dalam 60 desain, namun akan dikeluarkan bertahap per rentang waktu. "Koleksinya casual dan work wear. Fabrikasinya ada dari cotton silk, cotton, jersey, knit, dan lainny. Sementara untuk warna, saya banyak menggunakan warna gelap, seperti abu-abu, hitam, marun, dan ungu," jelas Kleting.

Harga yang tertera mulai dari Rp 250.000 - 1.800.000. Kle tersedia di Level One, East Mall, Grand Indonesia Shopping Town.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com