Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencegah Kuteks Somplak di Ujungnya

Kompas.com - 13/10/2010, 16:37 WIB

KOMPAS.com - Anda sudah memilih pakaian yang paling keren, mencuci rambut, dan memakai parfum andalan. Kini Anda siap untuk menghadapi sesi wawancara di perusahaan fashion terkemuka. Namun ketika Anda hendak mengatupkan kedua tangan di atas meja, tampaklah kuku Anda yang menampakkan kuteks yang sudah somplak di sana-sini. Aiiih... kepercayaan diri Anda pun langsung luntur.

Cat kuku yang cuil atau mengelupas di bagian ujungnya, memang kerap kita alami. Hal ini seringkali terjadi bukan karena kuku terantuk benda keras, tetapi karena Anda salah mengaplikasikannya sejak awal. Untuk menghindari hal ini terjadi lagi, coba ikuti tiga langkah memulas cat kuku yang benar berikut ini.

1. Mulailah dengan kuku yang bersih
Sebelum memulas kuku dengan base coat atau cat kuku, pastikan kuku Anda bersih (termasuk dari cat kuku yang lama), dan kering. Bila kuku tidak bersih, residu yang ada di kuku akan membuat base coat tidak mau menempel.

"Salah satu hal yang paling diabaikan dalam memulas cat kuku yang tahan lama adalah mencuci tangan dan kuku dengan air sabun yang hangat sebelum memulas cat kuku tersebut," ujar Dana Caruso, pakar kecantikan untuk Sally Hansen. "Sabun akan memberikan kelembaban ekstra, sekaligus membuang sisa-sisa minyak dan debu dari permukaan kuku, yang bercampur dengan melekatnya cat kuku."

2. Aplikasikan base coat
Penggunaan base coat sering dilupakan orang, padahal perannya cukup penting. Essie Weingarten, pendiri dan Global Creative Director untuk Essie Cosmetics mengatakan, "Base coat bertindak seperti foundation untuk kuku, dan akan membantu cat kuku melekat sempurna."  Jadi, base coat fungsinya sama dengan penggunaan foundation saat merias wajah.

Setelah itu, aplikasikan top coat pada kuku langsung setelah memulasnya dengan kuteks. Tambahkan lapisan top coat setiap hari untuk mencegah cat kuku gumpil dan membuat kuku Anda terlihat cantik.

3. Jangan lupa memakai krim dan minyak kuku
Mengaplikasikan krim dan minyak untuk merawat kutikula seharusnya lebih sering Anda lakukan. Menurut Suzi Weiss-Fischmann, Vice President & Artistic Director OPI, perawatan ini akan membantu menjaga bentuk kuku dan kutikulanya, serta menguatkan kuku. Dengan kuku yang kuat, cat kuku pun akan lebih awet melekat di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com