Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatuh Cinta pada Pekerjaan, Mungkinkah?

Kompas.com - 18/10/2010, 14:37 WIB

KOMPAS.com — Jika saat ini Anda merasa terjebak dalam rutinitas pekerjaan yang tak sesuai harapan, tak perlu terus mengeluh atau cepat-cepat membuat surat resign. Beberapa hal di bawah ini bisa menjadi penyemangat untuk menjalin hubungan baik dengan pekerjaan.

1. Pikirkan Hidup Anda Tanpanya
Apakah Anda tahu, sekitar 1 juta lulusan perguruan tinggi Indonesia yang bergelar sarjana kini sedang menganggur? Anda merupakan salah satu yang beruntung karena bisa merasakan nikmatnya memiliki pekerjaan. Walau tak menyenangkan, jangan buru-buru melepasnya jika Anda belum memiliki pengganti. Bisa-bisa Anda tak bisa lagi merasakan asyiknya memiliki penghasilan sendiri, atau iri saat melihat semua teman Anda sudah bekerja.

2. Tak Ada yang Sempurna
Segala pekerjaan pasti memiliki risiko yang harus dihadapi. Bekerja di perusahaan besar atau memiliki penghasilan besar pun memiliki risiko sendiri. Istilahnya, no pain no gain. Jangan malu dengan pekerjaan Anda selama itu halal dan mulia. Percayalah bahwa Anda perempuan kuat yang bisa menghadapi segala situasi. Syukuri apa yang ada.

3. Lihat Sisi Positif
Pekerjaan ini bisa membuat Anda memiliki pengalaman lebih dan menambah relasi. Ini sangat bagus untuk mengembangkan karier Anda nantinya. Selain itu, penghasilan yang didapat bisa Anda gunakan untuk pergi liburan bersama dengan teman atau membeli barang kesukaan. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapat dengan bekerja dibanding tak memiliki pekerjaan.

4. Cari Kebahagiaan Lain

Jika Anda merasa tak cocok dengannya, carilah kesenangan dalam bentuk lain, seperti mencari teman. Mencari teman yang asyik diajak bicara dan melakukan kegiatan seru bersama bisa membuat Anda lebih ringan menghadapi pekerjaan. Menata ruang pribadi juga boleh dicoba. Buatlah meja kerja menjadi tempat yang nyaman bagi Anda. Pajanglah benda kesayangan seperti buku-buku menarik atau foto bersama orang terkasih. Atau bereksperimen dengan koleksi pakaian yang Anda miliki? Silakan. Buatlah jadwal dalam seminggu, apa yang ingin Anda kenakan. Hal-hal seperti ini bisa membuat hidup Anda lebih bersemangat.

5. Tetap Menjadi yang Terbaik
Jangan biarkan rasa tak puas dengan pekerjaan membuat "nama" Anda buruk. Tunjukkan bahwa Anda memiliki kompetensi dalam bidang apa pun. Lakukan pekerjaan dengan baik. Selain cepat selesai, reputasi Anda di mata perusahaan pun baik. Siapa tahu ada promosi yang datang untuk Anda. Tak ada ruginya kok menjadi pekerja yang baik.

(Majalah Chic/Ayunda Pininta Kasih)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com