Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kiat Berolahraga Minim Biaya

Kompas.com - 05/11/2010, 14:13 WIB

KOMPAS.com - Selalu ada cara berolahraga, meski tak mau menjadi anggota pusat kebugaran yang dirasa terlalu mahal biayanya.

1. Manfaatkan rutinitas harian untuk berolahraga
Olahraga bisa dilakukan melalui berbagai aktivitas harian, di kantor, di rumah bersama anak-anak, maupun saat berbelanja di mal. Yang bisa Anda lakukan antara lain:
* Jalan cepat
Lakukan jalan cepat di sekitar lingkungan rumah atau saat berjalan-jalan di mal. Pilih tangga daripada elevator atau eskalator. Tak usah ribet mencari parkiran yang strategis. Parkir di mana saja, meski jauh, lalu manfaatkan kesempatan ini untuk berjalan kaki.

* Melakukan pekerjaan rumah tangga
Kegiatan bersih-bersih di rumah merupakan aktivitas fisik yang menyehatkan. Detak jantung meningkat saat Anda membersihkan taman, menggunakan penyedot debu di dalam ruang, menyikat kamar mandi, atau kegiatan apapun yang membuat Anda bergerak.

* Ikut bermain bersama anak
Jangan hanya menyaksikan anak bermain. Ikutlah bermain bersama anak yang tak pernah kenal lelah ini. Ciptakan juga aktivitas fisik bersama keluarga. Bersepeda bersama, berenang bersama keluarga, atau berjalan kaki di taman kota.

2. Investasi alat olahraga murah
Tak semua alat olahraga mahal. Beli sejumlah alat olahraga seperti dumbbell yang bisa mengencangkan bagian atas tubuh Anda. Alat lompat tali juga masih terjangkau untuk mendukung aktivitas fisik Anda di rumah. Yang paling sederhana adalah VCD/DVD berbagai jenis olahraga. Umumnya video aerobik, senam, yoga, atau pilates mudah ditemui di pasaran. Anda bisa mengikuti setiap gerakan dari video ini di rumah.

3. Improvisasi
Manfaatkan peralatan rumah tangga untuk berolahraga terutama gerakan untuk melatih bagian atas dan bawah tubuh. Gantikan dumbbell dengan kaleng atau botol bekas di rumah. Isi botol dengan air atau pasir untuk mengukur berat. Sesuaikan beratnya dengan kemampuan Anda.

4. Menjadi konsumen yang bijak
Jangan mudah terayu dengan berbagai produk kebugaran. Tak semua produk bisa memenuhi kebutuhan Anda meski banyak kemudahan ditawarkan. Selain itu, jika Anda minim budget untuk membeli sejumlah alat sederhana, cari di penjual barang bekas.

Untuk menghemat biaya, bekerjasamalah dengan teman Anda. Misalnya, bertukar video atau DVD olahraga dengan teman. Jika memungkinkan, cari personal trainer (PT) yang bersedia melatih lebih dari satu orang. Artinya, PT ini tak masalah jika Anda dan teman Anda berbagi biaya pelatihan bersama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com