Beda Headhunter dan Outsourcing

Kompas.com - 05/11/2010, 14:30 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com - Dalam bidang rekrutmen, dikenal dua istilah. Ada headhunter, ada pula outsourcing. Apa bedanya, dan apa gunanya untuk para pencari kerja?

Headhunter merupakan sebuah jasa konsultan yang dipercaya para perusahaan untuk mencari top professional atau senior executive dengan keahlian spesifik dan khusus untuk menempati posisi tertentu di sebuah perusahaan. Tugasnya mencari kandidat terbaik untuk posisi tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan klien, terutama untuk level atas, seperti manajer, CEO, dan sebagainya. Sebelum memulai pencarian, ia akan mencari informasi tentang kualifikasi kandidat dari perusahaan klien. Biasanya berupa keahlian, pengalaman kerja, dan sebagainya.

Selain istilah headhunter, dalam dunia kerja juga dikenal istilah outsourcing. Meskipun keduanya sama-sama bergerak di bidang rekrutmen, pada outsourcing biasanya kandidat terdaftar sebagai pegawai di perusahaan outsourcing dan dibayar oleh perusahaan outsourcing. Namun, kemudian dipekerjakan di perusahaan lain yang menjadi klien perusahaan outsourcing tersebut.

Sedang kan headhunter menerima order dari perusahaan klien untuk mencarikan kandidat yang tepat untuk menempati satu posisi di perusahaan klien. Ketika headhunter telah berhasil merekrut kandidat untuk mengisis posisi di perusahaan klien, heandhunter tidak akan menagihkan pembayaran apa pun atau mengirimkan invoice kepada kandidat. Headhunter hanya akan menagihkan pembayaran apa pun atau megirimkan invoice kepada kandidat. Headhunter hanya akan menagihkan pembayaran kepada pihak klien sesuai dengan jumlah yang telah disepakati di awal negosiasi dan dituliskan ke dalam terms of business yang ditandatangani bersama.

(Bestari Kumala Dewi/Majalah Chic)

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X