Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Sumbang Rp 13 Miliar untuk Bencana

Kompas.com - 09/11/2010, 15:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Parlemen Republiki Rakyat Cina menyumbangkan dana bantuan sebesar 10 juta yuan atau sekitar Rp 13 miliar untuk mengatasi sejumlah bencana yang melanda beberapa daerah di Indonesia.

Bantuan disampaikan oleh Ketua Parlemen RRC Wu Bangguo. Hal ini disampaikan Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Tohari di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Selasa (9/11/2010).

Selain dana, Tohari juga mengatakan Parlemen Cina menawarkan bantuan untuk mengidentifikasi para korban di Gunung Merapi dengan tetap memperhatikan adat istiadat dan budaya Indonesia. Politisi Golkar ini juga mengatakan Parlemen Cina berjanji untuk merealisasikan pemberian peralatan early warning system untuk bencana, seperti tsunami.

"Mereka akan memberikan alat peringatan dini karena mereka tahu dari perspektif ilmu pengetahuan, Indonesia ini termasuk negara yang rawan bencana, untuk itu peralatan peringatan dini itu juga penting," tambahnya.

Parlemen Cina juga menjajaki kerja sama ekonomi untuk membangun infrastruktur, investasi, membuka perdagangan seluas mungkin, tindak lanjut Shanghai Expo yang secara teknis akan berhubungan langsung dengan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com