Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Optimis Tiap Bulan 50 Kantong Darah

Kompas.com - 30/11/2010, 12:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan Universitas Trisakti membuka gerai donor darah di Kampus A Gedung C Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat (30/11/2010). Gerai ini merupakan gerai donor darah pertama yang dibuka di lingkungan akademis.

Menurut Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, saat ini pihaknya tengah mendekati kalanganm muda untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah. Menurut JK, sapaan akrab Jusuf Kalla, selama ini mahasiswa memiliki minat cukup besar untuk mendonorkan darah mereka.

"Kami dorong mahasiswa untuk ikut donor. Sebenarnya minat mahasiswa cukup tinggi, tapi masalahnya mereka tidak tahu kemana, alasannya jauh, tidak ada waktu. Makanya sekarang kami buat mendekati mahasiswa," ujarnya.

JK menargetkan gerai donor darah di kampus Trisakti ini akan mendapatkan 50 kantong darah tiap bulannya.

"Perhitungannya kalau dari tiap 1000 mahasiswa setiap hari ada dua orang saja yang donor, artinya sebulan sudah 50 kantong lebih. Kami optimis tercapai, masa dari 1000 orang dua orang saja tidak dapat," ujarnya.

Gerai donor darah itu memakan biaya sekitar Rp 300 juta. Gerai direncanakan buka setiap hari kuliah dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Para pendonor akan dilayani oleh empat orang petugas dari PMI kota Tangerang.

Kedepan PMI berencana akan membuka gerai-gerai donor darah di beberapa Universitas, antara lain Universitas Indonesia, Depok dan Universitas Islam Nasional Syarif Hidayatullah, Ciputat.

"Semuanya sekarang masih dalam proses pembangunan," ungkap mantan Wakil Presiden RI itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com