Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrea Hirata: Mimpi Saya Dapat Nobel

Kompas.com - 02/12/2010, 11:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penulis novel tetralogi Laskar Pelangi, Andrea Hirata, mengaku masih punya mimpi. Apa mimpinya? "Saya ingin meraih nobel," katanya.

Peluang tersebut, kata dia, mulai terbuka ketika ia memperoleh kesempatan  mendapatkan beasiswa dari University of Iowa, Amerika Serikat, baru-baru ini. Tiga bulan Andrea berada di sana untuk mengikuti program International Writing Program (IWP).

Menurut Andrea, banyak lulusan dari program beasiswa yang telah berlangsung selama 43 tahun itu mendapatkan penghargaan bergengsi semacam Pulitzer dan Nobel. "Kalau Pulitzer jelas tak mungkin, tapi untuk Nobel itu mimpi saya," kata Andrea mantap.

"Saya merasa, melalui program pelatihan karya sastra selama tiga bulan itu, saya sudah mendapatkan jalur yang tepat untuk memperkenalkan karya saya kepada dunia," ujar Andrea lagi.

Kesempatan itu mulai terbuka setelah penerbit Kathleen Anderson Literary Management yang bermarkas di New York memegang hak eksklusif atas lima novel miliknya—termasuk Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas—untuk penerbitan secara internasional mulai tahun depan.

Sebelumnya, Andrea telah menandatangani kontrak dengan penerbit Amer and Asia Co Ltd dari Tucson, Virginia, Amerika Serikat.
 
"Yang baru diterjemahkan dalam bahasa Inggris baru sampai Edensor. Jadi ini merupakan suatu awal bagi karya-karya saya untuk go international. Sekolah tiga bulan di sana ternyata berkahnya luar biasa," ujar Andrea senang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com