Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visa dan Mastercard Blokir WikiLeaks

Kompas.com - 08/12/2010, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak hanya dihambat PayPal, WikiLeaks kini juga makin terjepit setelah Visa Eropa menangguhkan pembayaran yang ditujukan kepada situs kontroversial tersebut. Hal ini dilakukan menjelang dilakukannya penyelidikan terhadap organisasi tersebut. Artinya, setelah PayPal, kini donasi ke WikiLeaks juga sudah diputus oleh Visa dan Mastercard.

Penghentian sementara ditempuh Visa setelah Mastercard juga melakukan hal yang sama. Pengumuman yang diberikan Visa muncul tak lama setelah pendiri WikiLeaks, Julian Assange, ditahan polisi di London. Assange menyerahkan diri setelah polisi Swedia menyerukan bahwa Assange diburu atas tuduhan kekerasan seksual.

Juru bicara Visa Eropa mengatakan, penyelidikan akan menentukan sifat bisnis WikiLeaks, apakah bertentangan dengan aturan operasi Visa. Visa Eropa memang belum sepenuhnya membekukan akun WikiLeaks, tetapi pembekuan tak bisa dilakukan sesegera mungkin karena penyelidikan akan memakan waktu yang tak singkat.

Pemerintah Amerika Serikat memerintahkan pemutusan hubungan WikiLeaks kepada berbagai kalangan. WikiLeaks mengklaim punya 251.287 memo diplomatik AS yang bersifat rahasia. Sekitar 600 memo tersebut sudah diunggah ke situs tersebut.(Kontan/Dyah Megasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com