Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Resolusi Diet di Tahun yang Baru

Kompas.com - 29/12/2010, 10:53 WIB

KOMPAS.com - Salah satu komponen kebahagiaan seseorang adalah kesehatan. Supaya aktivitas dan resolusi lain bisa tergapai dengan optimal, perlu didukung kesehatan yang maksimal. Sehat dan bugar tidak bisa dicapai instan, harus dijaga perlahan-lahan dan mengubah kebiasaan buruk jadi sehat. Begini tips dari situs kesehatan WebMD untuk mulai hidup sehat perlahan:

1. Pelan-pelan
Bermasalah dengan pembuangan pencernaan? Ingin menambah asupan Omega 3? Jika Anda berencana untuk menambah asupan makanan yang baik, seperti serat dari sayuran dan buah, atau Omega 3 dari ikan, sebaiknya dimulai pelan-pelan dengan langkah kecil. Contohnya, berjanjilah untuk memasukkan satu buah ke dalam tas sebelum berangkat kerja. Atau, berjanji untuk menyiapkan 1 hari khusus untuk makan ikan. Atau, membawa sereal gandum utuh setiap hari sebagai camilan setelah sarapan.

2. Air, air, dan air
Murah, bebas lemak, dan memberi tubuh kebutuhan akan cairan. Tapi entah mengapa, Anda masih belum bisa minum 8 gelas air putih setiap hari? Mulailah dari yang kecil;
* Minum segelas air putih setiap bangun tidur sebelum menggosok gigi.
* Tergoda soda? Segelas anggur? Ambil segelas air putih yang ditambah minuman itu sedikit.
* Buatlah resolusi untuk minum 1 gelas lebih banyak dari hari kemarin.

3. Pelangi makananku
Makanan yang berwarna-warni kaya akan komponen pelawan penyakit. Jadi, saat Anda mulai berbelanja bahan makanan alami carilah makanan yang kaya akan warna alami, bukan pewarna buatan. Cara yang bisa Anda lakukan; Tetapkan satu warna per hari. Misal, Senin untuk makanan berwarna kuning, seperti jeruk atau jagung. Sementara hari Selasa adalah warna ungu, seperi buah plum dan terung, begitu seterusnya. Variasikan warna-warni pelangi yang Anda konsumsi. Perkenalkan diri Anda kepada sayur-sayuran baru. Siapa tahu, bahan itu jadi kesukaan suami atau anak-anak.

4. Atasi keinginan mengemil yang tak perlu
Anda sedang berbincang-bincang dengan teman di meja makan, menonton DVD, atau membaca berita di depan komputer, tetapi mulut Anda tak bisa berhenti mengunyah. Coba tips-tips berikut:
* Makan permen bebas gula atau permen karet.
* Menggosok gigi.
* Perhatikan baik-baik makanan yang ingin dikunyah.
* Sibukkan tangan Anda dengan kegiatan lain, seperti membersihkan meja atau lainnya.
 
5. Bantu diri sendiri
Jangan lupa bantu diri Anda untuk sukses hidup lebih sehat, dan carilah bantuan begitu Anda merasa butuh bantuan. Cobalah cari "teman sepenanggungan", bisa teman atau anggota keluarga yang juga memiliki resolusi menurunkan bobot tubuh. Saling bagi ide, rencana, dan kesuksesan setiap hari. Dengan begini, masing-masing akan saling termotivasi. Berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak membeli makanan-makanan yang bisa membuat gemuk, seperti es krim, keripik kentang, soda, dan lainnya. Buat aturan untuk diri sendiri, untuk makanan-makanan tadi hanya boleh dimakan di luar rumah, dan hanya boleh 1 porsi. Bersosialisasilah dengan kegiatan yang tak berhubungan dengan makanan, misal, berkumpul di taman, untuk mendaki bukit, atau pergi nonton bioskop tanpa mengemil.

Tambahan: Sayangi tubuh Anda
* Pencegahan, selalu lebih baik ketimbang melakukan pengobatan atas penyakit menyeramkan yang bisa merenggut nyawa, jadi lakukan hal-hal kecil yang membuat tubuh Anda tetap berjalan dengan optimal dan sempurna.
* Bergeraklah setidaknya 30 menit per hari setiap hari-hari tertentu. Apa pun caranya, seperti berjalan kaki, mencuci mobil, naik sepeda, apa pun yang bisa memompa kerja darah.
* Tes kesehatan tubuh Anda. Kolesterol, pap smear, dan lainnya supaya Anda selalu selangkah lebih maju dengan kesehatan tubuh Anda.
* Berjanjilah untuk memenuhi waktu tidur yang dibutuhkan tubuh Anda. Tidur membantu tubuh dan jiwa mengisi ulang dayanya, tetap sehat, dan mengatasi stres.

Semua hal dimulai dengan langkah pertama, langkah kecil pun berpengaruh. Jadi, kalau tidak sekarang, kapan lagi memulai resolusi kesehatan Anda? Semoga berhasil!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com