Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB Tegaskan Tak Ada Kongkalikong

Kompas.com - 23/02/2011, 20:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto menegaskan institusinya, termasuk seluruh peneliti dan akademisi di dalamnya, tak melakukan kongkalikong dengan produsen susu formula dan makanan bayi. Menurut Herry, IPB tak ingin mempertaruhkan kredibilitas akademiknya untuk perbuatan seperti itu.

Ia mengatakan hasil penelitian terhadap susu yang diketahui terkontaminasi Enterobacter sakazakii waktu itu telah dipresentasikan kepada produsen susu yang bersangkutan. Herry mengatakan presentasi hasil penelitian kepada produsen susu tersebut semata-mata disampaikan  meski waktu itu belum ada aturan.

"Kalaupun waktu itu disampaikan kepada pihak produsen, itu disampaikan tanpa imbalan apapun. Terlalu murah bagi IPB untuk mengabaikan etika akademik untuk perbuatan seperti itu," tegasnya dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI bersama Menkes, Kepala BPOM dan Kepala LIPI, Rabu (23/2/2011).

Menurutnya, peneliti Sri Estuningsih sebenarnya juga sudah menyampaikan hasil penelitian ini ke BPOM. Namun, badan ini belum bisa menegakkan aturan pelarangan karena belum ada dasar bagi BPOM untuk melarang.

Penelitian Sri Estuningsih sendiri bahkan kemudian dijadikan salah satu dasar pertimbangan standar Codex Internasional, lembaga yang mengatur kandungan zat kimia dalam makanan. Herry menegaskan IPB bukannya mengabaikan hukum. IPB menegaskan akan taat hukum. Hanya saja, perlu dipertimbangkan pihak ketiga yang kebearatan atau aspek hukum lainnya. "Persoalan hukum harus diselesaikan dengan koridor hukum," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com