Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebas Berekspresi Menyambut Kembali JanSport

Kompas.com - 10/03/2011, 14:44 WIB

KOMPAS.com — JanSport identik dengan produk ransel dan berbagai varian produk tas lainnya yang fungsional, berkualitas, dan bergaya anak muda. Merek tas dari Amerika ini dikenalkan pertama kali pada 1967, dan bukan pendatang baru di Indonesia. Namun, awal Maret 2011 ini JanSport kembali hadir menyasar pasar anak muda, terutama kalangan mahasiswa, di Indonesia. Sejumlah kegiatan seru dan sarat petualangan yang identik dengan karakter JanSport bakal digelar Sabtu (12/3/2011) nanti di Cilandak Town Square, mulai pukul 16.00. Kegiatan inilah yang menjadi puncak acara menandai kembalinya JanSport di Indonesia.

Kegiatan JanSport "Freedom Expression" yang terbuka untuk umum akhir pekan nanti bukan satu-satunya kejutan JanSport di kuartal pertama 2011 untuk Indonesia. Perusahaan tas yang didirikan tiga sekawan, Skip, Jan, dan Murray ini, juga menggelar kegiatan JanSport Goes to Campus di Indonesia. Universitas Bina Nusantara dan Universitas Bakrie adalah dua perguruan tinggi yang didatangi langsung oleh Skip Yowell, salah satu pendiri perusahaan tas yang kini berbasis di San Leandro, California.

Skip hadir di Indonesia bukan hanya untuk urusan bisnis. Ia juga menjadi pembicara dalam mini talkshow yang digelar di dua universitas tersebut, membahas bukunya yang berjudul The Hippie Guide to Climbing the Corporate Ladder & Other Mountains. Misinya, Skip dengan produk JanSport kreasinya ingin memberikan inspirasi bagi anak muda untuk bertualang, membuka wawasan, melakukan observasi, mengejar passion, dan menikmati apa pun perjalanan yang dipilih anak muda. Pengalaman yang dibagi Skip kepada puluhan mahasiswa ini adalah bentuk terima kasihnya atas kesuksesan yang diraih dalam mengembangkan JanSport yang kini mendunia.

"Saya ingin berbagi kepada anak muda memberikan inspirasi dari pengalaman yang saya dapatkan dari traveling, observasi, dan menjalani bisnis. Ini adalah bentuk gratifikasi, bukan sekadar bicara uang. Pesan yang ingin saya sampaikan, anak muda harus bekerjasama sebagai tim jika ingin sukses, punya passion dan menikmati setiap perjalanannya," jelas Skip kepada Kompas Female, usai talkshow di Aula Universitas Bakrie, Kuningan, Jakarta, Kamis (10/3/2011).

Pria yang tampil bergaya anak muda hippie ini mengajak anak muda Indonesia untuk membuka wawasannya. Caranya, cari pengalaman sebanyak mungkin, lakukan perjalanan ke berbagai tempat untuk belajar perbedaan budaya dan karakter manusia. Dengan begitu anak muda bisa belajar banyak hal untuk kemudian memunculkan ragam inovasi. Bahkan Skip mengakui, kesuksesannya sebagi pribadi maupun produk JanSport tak lepas dari petualangan dan obervasinya di lapangan.

"Perjalanan yang saya lakukan ke berbagai tempat menjadikan saya sebagai pendengar yang baik. Saya mengamati banyak hal, menggunakan waktu saya untuk lebih memahami orang lain dan perbedaan budaya dari setiap tempat, termasuk apa yang dibutuhkan orang lain," tutur Skip, yang mengaku mulai menulis buku sejak 2,5 tahun terakhir.

Ingin lebih jauh mengenal gaya hippie JanSport? Datangi saja Citos Sabtu sore nanti. Sejumlah penampilan dan kompetisi khas anak muda yang identik dengan kesenangan dan petualangan akan dihadirkan. Seperti atraksi yo-yo Indonesia berkolaborasi dengan DJ Nathalie, dilanjutkan dengan 2-on-2 yo-yo battle. Ada juga tattoo corner, photo corner JanSport, dan grafiti. Bagi penggemar produk JanSport, bawa tas Anda dan dapatkan kreasi grafiti gratis pada tas JanSport Anda.

Di balik rangkaian kegiatan ini, Skip berpesan untuk anak muda Indonesia, "Bertualanglah, cari pengalaman yang berbeda, lihatlah dunia seluas-luasnya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com