Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Ibu dan Anak dalam Membayar Pajak

Kompas.com - 18/03/2011, 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktorat Jenderal Pajak mengangkat ikon ibu dan anak dalam memberikan edukasi kepada keluarga hingga masyarakat secara luas. Peran ibu dan anak dalam meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak menjadi tema yang menghiasi acara penyampaian SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi Tahun Pajak 2010, Jumat (18/3/2011) di Ditjen Pajak, Jakarta.

"Tema ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana pentingnya pajak dalam keluarga. Semua anggota keluarga akan menjadi wajib pajak ketika mempunyai penghasilan," ucap Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam pidatonya.

Menurutnya, ibu berperan penting dalam memberikan edukasi mengenai pajak kepada anggota keluarga. Hal itu mengingat ibu mengatur 80 persen keuangan dalam keluarga. Ini sekaligus menjadi pengingat bagi si ayah agar membayar pajak. Anak juga turut menjadi bagian penting karena anak akan mengikuti teladan ibu dan ayahnya dalam kepatuhan membayar pajak jika nanti ia berpenghasilan.

Agus juga menyebutkan, Ditjen Pajak juga akan terus memulihkan citra karena sejumlah kasus. Langkah pemulihan salah satunya memperbaiki sistem administrasi.

Acara penyampaian SPT Tahunan PPh pribadi ini dihadiri langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono, serta sejumlah pejabat tinggi negara untuk menyampaikan SPT secara langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com