Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebotakan Bikin Libido Pria Rendah?

Kompas.com - 28/03/2011, 20:57 WIB

KOMPAS.com - Bila kaum perempuan merasa insecure ketika perut atau pahanya besar, pria pun punya rasa insecure terhadap beberapa bagian tubuhnya. Misalnya, seputar kepala dan rambut. Mereka paling enggak pede bila rambutnya mulai menipis atau membotak. Berbagai cara untuk mempertahankan "mahkota"nya pun dilakukan.

Namun kini pria dihadapkan pada dilema: mending kepala jadi botak, atau kehilangan nafsu seksnya? Sebab, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa pria yang melakukan perawatan untuk kerontokan rambut ternyata juga akan mengalami penurunan libido. Penelitian yang diterbitkan di The Journal of Sexual Medicine ini mengatakan, 5 - 23 persen pria yang mengonsumsi obat finasteride (atau biasa disebut Propecia) bisa mengalami impotensi, libido yang rendah, disfungsi ereksi, ejakulasi dini, dan ketidakmampuan untuk orgasme.

Gejala-gejala ini juga disebut-sebut masih akan berlangsung setelah perawatan dihentikan. Hal ini diketahui setelah Dr Michael S. Irwig dari fakultas kedokteran George Washington University mewawancarai 76 pria berusia 21 - 46 tahun. Ia berusaha mencari tahu apakah gejala-gejala yang mereka alami tetap bertahan setidaknya tiga bulan setelah tidak lagi mengonsumsi obat tersebut. Ternyata, beberapa pria bahkan merasakan efek ini hingga 10 tahun!

Sejumlah partisipan juga dilaporkan mulai mengalami masalah ini setelah mengonsumsi obat dalam beberapa hari saja. Rata-rata, pria yang sudah mengonsumsi obat selama 28 bulan akan mengalami masalah libido ini selama 40 bulan. Repotnya, bila pria berhenti mengonsumsi obat, kerontokan rambut akan terjadi lagi. Sementara libidonya pun tidak akan cepat pulih.

Bukti bahwa obat ini memang memberikan efek samping yang kurang menyenangkan itu, di Inggris dan Swedia finasteride sudah diberi label peringatan. Meskipun begitu, perlu diingat juga bahwa responden yang terlibat dalam penelitian tidak diambil secara acak. Para peneliti menyeleksi mereka dari sebuah situs yang khusus membahas masalah dengan finasteride.

Nah, sekarang tinggal kompromi antara Anda dan pasangan. Lebih baik melihatnya botak, atau kehilangan gairah seksual untuk waktu yang cukup lama? Rasanya sih, lebih baik memintanya mencukur gundul saja rambutnya seperti Chris Daughtry atau Bruce Willis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com