Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gas Dieng Mengarah ke Perkampungan

Kompas.com - 31/05/2011, 09:34 WIB

BANJARNEGARA, KOMPAS.com — Aktivitas gas beracun di kawah Timbang Gunung Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, kian mengkhawatirkan setelah munculnya aliran gas ke arah barat yang kebetulan mengarah ke perkampungan warga. Sebelumnya, aliran gas hanya ke arah selatan.

Anggota staf Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Surip, Selasa (31/5/2011), membenarkan bahwa aliran gas kini sudah mengarah ke arah barat. Bahkan, gas tidak hanya keluar dari mulut kawah Timbang, tetapi bisa juga keluar dari rekahan-rekahan tanah di kawasan dusun.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Surono menjelaskan, keluarnya gas beracun dari rekahan tanah di sekitar kawah dimungkinkan karena dipicu konsentrasi gas yang kian meningkat serta aktivitas kegempaan yang terus terjadi. Camat Batur Sarkono mengatakan, sejak semalam hingga pagi hari, proses evakuasi dilakukan serta dibantu Palang Merah Indonesia dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Pihak pemerintaj kabupaten telah menyediakan dua lokasi evakuasi, yakni di SMA 1 Batur dan Balai Desa Batur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com