Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

912 Calon Mahasiswa Olahraga Ikuti Tes

Kompas.com - 03/06/2011, 12:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 912 calon mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (FIK UNJ) mengikuti ujian keterampilan, Jumat (3/6/2011). Ujian keterampilam diperuntukkan bagi para calon mahasiswa yang memilih program studi (prodi) keterampilan, seperti olahraga, seni rupa, musik, tari, dan sendratasik.

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ Dr Bambang Sujiono kepada Kompas.com mengatakan, data terakhir jumlah pendaftar nasional di FIK UNJ mencapai 912 orang. Peserta tes tersebut dibagi ke dalam 46 kelompok.

"Mereka berasal dari berbagai daerah dan dari luar kota. Di UNJ sendiri yang mengadakan tes keterampilan hanya olahraga dan seni," kata Bambang di Kampus C UNJ, Jumat (3/6/2011), Jakarta Timur.

Ujian keterampilan untuk olahraga, lanjut Bambang, terdiri dari dua tahap tes, yaitu tes kesehatan dan kesegaran jasmani (TKJI). Hasil tes tersebut akan digabungkan dengan nilai pada tes teori.

"Baru setelah itu dapat diketahui, calon mahasiswa ini bisa terjaring atau tidak," ujarnya.

Tes keterampilan akan berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu (3-4 Juni 2011). Setiap peserta yang sudah dikelompokkan akan diuji secara bergiliran, dimulai dengan kesehatan yang terdiri dari tes warna, berat badan, postur tubuh, serta pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dokter. Sedangkan untuk TKJI meliputi lari 1.000 meter, 1.200 meter, sit up, push up dan sebagainya.

"Setelah itu selesai dan diterima, para peserta diharuskan membawa hasil rontgen karena untuk olahraga hasil pemeriksaan tersebut penting," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com