Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembalikan Semangat Kerja di Sore Hari

Kompas.com - 08/06/2011, 16:33 WIB

KOMPAS.com — Begitu hari mulai sore, mungkin Anda mulai lemas atau mengantuk di kantor. Energi kerja yang begitu menyala-nyala di pagi hari mulai meredup. Padahal, mungkin masih ada begitu banyak hal yang perlu diselesaikan hingga waktu pulang tiba. Jika hal ini terjadi, tidak ada salahnya apabila Anda meluangkan sedikit waktu jeda untuk beristirahat. Coba lakukan salah satu dari enam hal berikut untuk mengembalikan semangat kerja Anda:

1. Pergilah sebentar keluar kantor dan berjalanlah di luar selama 10 menit. Hal ini dapat membantu Anda mengusir rasa kantuk sekaligus mengisi kembali energi Anda.

2. Buat teh hangat dan nikmati. Simpan beberapa teh beraroma di laci meja Anda di kantor dan seduhlah di kala Anda sedang butuh tambahan energi. Saat menyesap teh, rilekskan pikiran sejenak. Nah, Anda sudah siap beraktivitas lagi setelahnya!

3. Bersihkan meja dan periksa kotak masuk e-mail Anda. Dua aktivitas ini tidak banyak menguras pikiran, tetapi bisa membuat Anda sedikit terstimulasi karena otak harus bekerja menyusun dan menata sesuatu. Setelahnya, Anda akan merasa puas di saat melihat hasilnya. Meja yang bersih otomatis membuat Anda kembali semangat bekerja.

4. Teleponlah orang-orang yang Anda cintai. Bisa pasangan, anak, saudara, orangtua, atau teman. Berbicara selama 5 menit dengan orang terdekat bisa membuat kepala kita jadi lebih ringan sekaligus mengisi kembali energi untuk berkarya.

5. Nyalakan aroma terapi dengan aroma yang menyegarkan, seperti peppermint. Saat menghirupnya, beban Anda seakan terangkat dalam hitungan detik.

6. Gerak-gerakkan bahu Anda ke arah depan, lalu belakang, sambil menarik napas mendalam. Ulangi gerakan ini selama 2 menit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com