Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dok, Normalkah Kelamin Saya?

Kompas.com - 09/06/2011, 08:03 WIB

TANYA : 

Dok, apabila melihat dari tanda-tanda seksualitas, saya adalah seorang wanita. Saya mengalami menstruasi sejak kelas I SMP, payudara saya membesar, saya tidak memiliki jakun, dan wajah saya pun bisa dibilang benar-benar wajah seorang wanita. Akan tetapi, ada sesuatu hal yang mengganjal hati saya. Bentuk kemaluan saya tidak seperti layaknya kemaluan seorang wanita.

Saya memang belum pernah mengetahui bagian dalam kemaluan wanita seperti apa karena saya biasanya hanya melihat bagian luar dari kemaluan adik-adik keponakan saya yang masih bayi. Hanya melihat bagian luar pun, saya sudah bingung, kok milik saya beda sekali dengan mereka.

Dalam keadaan berdiri pun, tidak terlihat garis seperti bibir vagina, tetapi berupa seperti kulit/daging (saya tidak mengerti) yang menyerupai jengger ayam.  Tapi, menurut saya, ini bukan tumor atau kanker karena tidak terasa sakit dan ini sudah saya alami sejak saya kecil (bayi mestinya). Di bawah/belakang "jengger" itu barulah terdapat lubang yang biasanya keluar darah menstruasi saya, yang ukurannya sangatlah kecil. Kelainan apa ini, Dok? apa yang harus saya lakukan? Saya takut ketika nanti tiba saat saya untuk menikah. Terima kasih, Dok.

(Arshima, 18, Yogyakarta)

 

JAWAB:

Sulit menentukan yang terjadi pada kelamin Anda tanpa melakukan pemeriksaan. Tetapi, karena Anda sudah mengalami menstruasi, sangat mungkin organ kelamin bagian dalam tidak mengalami gangguan. Apalagi payudara Anda sudah berkembang. Mungkin juga rambut kelamin Anda sudah tumbuh normal.

Namun, mengenai bentuk kelamin bagian luar yang Anda sebut tidak seperti layaknya kelamin perempuan, saya tidak dapat berkomentar. Saya hanya dapat jelaskan bahwa kelamin luar perempuan terdiri dari bibir besar, bibir kecil, dan klitoris.

Ada lubang vagina dan terlihat juga lubang kencing. Saya sarankan Anda mendapat pemeriksaan untuk menentukan apakah normal atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com