Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreatif, Hairdresser Pemula Rudy Hadisuwarno

Kompas.com - 20/06/2011, 15:26 WIB

KOMPAS.com - Uji tampil di "Graduation Day" program Diploma penata rambut menjadi ciri khas di Rudy Hadisuwarno School. Untuk pertamakalinya pada 2011, penata rambut Rudy Hadisuwarno meluluskan 24 siswa dari tiga cabang Jakarta, usia 18-30, yang kebanyakan adalah perempuan muda. Dua di antaranya sukses meraih pengakuan sebagai best cutting (gunting) dan best upstyling (sanggul).

Pengakuan atas kreasi dua hairdesser pemula ini menjadi langkah positif mengawali karier. Pasalnya, penilaian atas kreasi mereka diputuskan oleh penata rambut profesional ternama. Adalah Rudy Hadisuwarno dan muridnya yang kini menjadi penata rambut kenamaan Indonesia, Jacky Timurtius, yang menyematkan gelar best cutting kepada Rahmania (30) dan best upstyling kepada Sandy (24).

"Generasi muda hair stylist makin kreatif dan berani. Secara teknik memang mereka belum matang, namun mereka berani dalam hal ide dan kreativitas. Seperti yang ditunjukkan best upstyling malam ini, ide-nya kreatif dan tak terpikirkan sebelumnya," jelas Rudy seusai uji tampil Graduation Day di Plaza Senayan, Jakarta, Sabtu (18/6/2011) lalu.

Uji tampil pada malam Graduation Day menjadi salah satu cara mengapresiasi hairdresser pemula, kata Rudy. Dengan begitu para penata rambut pemula ini termotivasi untuk menjadi profesional dan memasuki dunia bisnis, lanjutnya.

"Kendala yang seringkali dialami hairdresser pemula adalah sikap cepat putus asa. Dibutuhkan mental yang kuat memasuki dunia profesional dan bisnis penata rambut. Mengawali karier sebagai penata rambut merupakan tantangan besar yang harus siap dilewati setiap pemula," katanya.

Saat uji tampil, sebanyak 12 siswa menampilkan kreasi untuk kategori cutting, dan 12 lainnya menampilkan inovasi kreatif kategori upstyling. Pertunjukkan tata rambut ini menandakan kelulusan 24 siswa kelas 2010 setelah sembilan bulan memelajari teknik penataan rambut dari akademi tata rambut Rudy Hadisuwarno.

Sebelum memasuki tahap akhir pada Graduation Day, para penata rambut pemula ini melewati sejumlah tahapan termasuk uji praktek di salon Rudy Hadisuwarno khusus untuk praktek kerja. Hairdresser pemula ini dinilai lulus uji setelah mengikuti sejumlah praktek kerja seperti coloring, cutting, styling, hingga manajemen bisnis salon. Hairdresser pemula lulusan Rudy Hadisuwarno School di 11 kota, dinilai siap secara profesional memasuki dunia bisnis setelah sukses melewati tahapan ini. Terutama mereka yang mendapat predikat penata rambut pemula terbaik seperti Rahmania dari Rudy Hadisuwarno School cabang Bulungan, Jakarta Selatan, serta Sandy dari cabang Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com