Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Hamil Juga? Berhentilah Menyalahkan Diri

Kompas.com - 05/07/2011, 18:41 WIB

KOMPAS.com — Saat usaha untuk memiliki anak tidak juga membuahkan hasil, banyak perempuan akhirnya melimpahkan semua kesalahan pada dirinya sendiri. Hal ini juga banyak dipengaruhi oleh faktor budaya yang meyakini bahwa masalah kesuburan identik dengan masalah khas perempuan. Tambahan lagi, sistem reproduksi wanita lebih kompleks daripada pria sehingga selalu ada kemungkinan salah satu elemennya ternyata bermasalah. Singkat kata, perempuan sering dianggap sebagai penyebab utama dari hadir atau tidaknya seorang anak dalam keluarga.

Kenyataannya, menurut Joshua U Klein, MD, seorang ahli obstetri dan ginekologi dari Columbia University Medical Center, New York City, pria juga dapat menjadi penyebab pasangan tidak memiliki anak. Masalah pada sperma pria, seperti jumlah yang terlalu sedikit ataupun kondisinya yang abnormal atau tidak sehat, dapat menimbulkan problem utama dalam masalah infertilitas, bahkan hingga 25-35 persen. Beberapa penelitian juga memperlihatkan, belakangan ini infertilitas pada pria makin naik angkanya. Para ahli belum mendapatkan penyebabnya secara spesifik, tetapi beberapa teori menegaskan bahwa paparan dari lingkungan sangat memainkan peranan.

Dr Klein mengatakan, paduan antara kualitas sperma yang kurang baik dari sisi pria dengan masalah kesuburan pada wanita dapat membuat kehamilan sangat sulit terjadi secara alami. Bila ini terjadi pada Anda, ada baiknya Anda maupun pasangan meluangkan waktu untuk menjalani pemeriksaan secara lebih khusus, termasuk di dalamnya analisis terhadap cairan semen. Jika memang setelahnya terdeteksi adanya hal yang tidak normal, ujar Klein, Anda dan pasangan dapat mulai mempertimbangkan untuk memiliki anak melalui program bayi tabung ataupun lewat adopsi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com