Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Bulan Ada 100 Kekerasan terhadap Anak

Kompas.com - 20/07/2011, 12:57 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait mengungkapkan, dalam empat bulan pertama di tahun 2011, pihaknya menerima 435 kasus kekerasan yang melibatkan anak. Artinya, terjadi kasus kekerasan anak setiap bulan. Hal yang menyedihkan, kata Arist, sebesar 58 persen laporan menyebutkan terjadi kekerasan seksual terhadap anak.

"Sepanjang tahun 2010, kami mendapat 2.339 laporan kekerasan terhadap anak, 62 persen berupa kekerasan seksual," katanya.

Dari laporan yang masuk itu, kekerasan kebanyakan dilakukan orang dekat korban. Lokasinya di rumah, sekolah, dan lingkungan pergaulan.

Terkait pekerja anak, Arist mengungkapkan, 8,5 juta anak yang  bekerja di berbagai bidang seperti pertambangan, jasa, jalanan, hingga pembantu rumah tangga. Sebanyak  2,1 juta di antaranya ternyata bekerja di dalam lingkungan buruk. Lingkungan buruk itu seperti di pertambangan atau terpapar bahan kimia pestisida perkebunan. Tahun sebelumnya, hanya tercatat 5,5 juta pekerja anak.

Saat ini masih berlangsung Kongres Anak Indonesia X di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti 330 anak dari seluruh provinsi di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com