Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Bumil Cepat Lelah?

Kompas.com - 02/08/2011, 10:53 WIB

KOMPAS.com - Perubahan selama kehamilan tak hanya terjadi pada perut Anda yang semakin membesar. Anda mengalami berbagai perubahan tubuh, mulai fisiologi, hormonal, hingga perubahan postur. Tak ayal, tubuh mulai beradaptasi dengan perubahan ini. Jangan juga heran ketika badan terasa tak nyaman, dan banyak keluhan seperti kram, pegal-pegal, dan stamina yang menurun sehingga ibu hamil (bumil) mudah lelah.

Perubahan pada bumil ini menimbulkan sejumlah masalah, namun bukan berarti tanpa solusi. Lisa Namuri, instruktur privat untuk pilates dan penulis buku Pilates untuk Kehamilan merancang gerakan pilates khusus untuk bumil. Tujuannya, mengatasi sejumlah keluhan yang dialami bumil saat menjalani perubahan tubuh selama kehamilan.

"Mengenali perubahan tubuh selama kehamilan penting bagi perempuan. Karenanya kehamilan menbutuhkan kesiapan fisik juga mental. Kemampuan menyiapkan diri lahir batin berpengaruh langsung pada perkembangan janin dalam kandungan," jelas ibu dua anak berpostur ramping ini.

Perubahan fisiologi
Perempuan yang mendalami pilates di Fitness Institute Australia ini menjelaskan perubahan fisiologi menyangkut sistem-sistem pada tubuh.

Perut yang terus membesar akan menekan organ pernafasan. Akibatnya nafas menjadi pendek dan stamina tubuh menurun, terutama saat berolahraga. Jantung juga berdetak lebih cepat. Selama kehamilan, lanjut Lisa, seluruh tubuh sebenarnya berelaksasi. Otot cenderung lembek dan lemah. Bagian tubuh seperti pinggang belakang dan daerah reproduksi menjadi lebih rentan.

Rasa tak nyaman dialami bumil karena kesulitan menahan kencing. Keluhan ini dialami karena otot pelvis (otot yang menahan isi perut berada di bagian bawah alat reproduksi), bekerja lebih ekstra selama kehamilan. Berat janin yang terus menekan otot pelvis menyebabkan lebih dari 50 persen ibu hamil mengalami kesulitan menahan buang air kecil.

Perubahan hormonal
Perubahan hormonal dialami bumil sejak awal kehamilan. Hormon estrogen, progesteron, relaksin mengalami perubahan dan menyebabkan sendi-sendi pada tubuh melunak dan lebih fleksibel.

Pelunakan otot dan sendi inilah yang menyebabkan rasa kurang nyaman pada sebagian ibu hamil. Tubuh menjadi tidak seimbang dan temperatur tubuh naik beberapa derajat dari suhu normal, yakni antara36-37 derajat Celcius.

Perubahan postur tubuh
Postur tubuh bumil yang mengalami perubahan juga bikin tak nyaman. Dengan mengenali perubahan ini, Anda bisa lebih siap fisik dan mental dalam menjalani kehamilan. Saat hamil, bagian pinggang belakang tulang punggung akan semakin cekung. Sementara bagian punggung atas semakin melengkung ke depan dan tubuh menjadi membungkuk.

Perubahan postur juga dialami bumil lantaran bahu yang "tertarik" ke depan, akibat payudara yang membesar. Otot kaki bagian belakang juga memendek sehingga bumil seringkali merasakan kram dan pegal-pegal pada kaki. Bumil juga seringkali merasakan pegal-pegal karena panggul bagian depan memendek.

"Semua keluhan ini bisa diatasi dengan latihan pilates untuk kehamilan. Ibu hamil akan merasa lebih bugar dan rileks sepanjang kehamilan," tandas Lisa saat peluncuran bukunya di Fab Cafe, Toko Buku Gramedia, Grand Indonesia, Jakarta beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com