Mengenal Lebih Jauh Antioksidan

Kompas.com - 13/08/2011, 07:57 WIB

KOMPAS.com - Tentu kita pernah mendengar atau membaca artikel kesehatan yang didalamnya terdapat istilah “antioksidan”, dan pastinya kata ini dideskripsikan sebagai sesuatu hal yang bermanfaat bagi tubuh manusia, mulai dari mencegah penuaan hingga anti kanker. Namun sebenarnya apa itu antioksidan? Apa saja fungsinya? Serta di mana kita bisa mendapatkannya? Berikut penjelasannya.    

Antioksidan merupakan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan oksidatif pada tubuh kita. Ketika sel tubuh mengguankan oksigen, secara natural sel-sel tersebut memproduksi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan yang akhirnya memicu timbulnya kanker.

 Apa Keuntungan dari Antioksidan?  

Antioksidan adalah nutrisi alami yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu, dan telah terbukti dapat melindungi sel-sel manusia dari kerusakan oksidatif dan memberikan keuntungan lainnya, antara lain :

•    Menguatkan kekebalan tubuh agar tahan terhadap flu, virus, dan infeksi.

•    Mengurangi kejadian semua jenis kanker.

•    Mencegah terjadinya glukoma dan degenerasi makular.

•    Mengurangi risiko terhadap oksidasi kolestrol dan penyakit jantung.

•    Anti-penuaan dari sel dan keseluruhan tubuh.  

Apa Saja Tipe-tipe dari Antioksidan?  

Berikut beberapa tipe dari antioksidan dan sumber dimana kita bisa mendapatkannya :

•    Vitamin A : Vitamin yang larut dalam lemak ini dibutuhkan dalam pembentukan tulang, pencernaan, dan kesehatan mata selain itu juga dapat membantu dalam sistem kekebalan tubuh dan kulit. Makanan yang kaya akan vitamin A antara lain, wortel, hati, kentang manis, aprikot, jeruk, mangga, jambu biji, pepaya, susu, yogurt, dan kuning telur.

Halaman:


EditorAsep Candra

Terkini Lainnya


Close Ads X