Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Punya 7.000 Spesies Tanaman Obat

Kompas.com - 31/10/2011, 21:02 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

SOLO, KOMPAS.com -- Indonesia memiliki 30.000 spesies tanaman. Sebanyak 7.000 spesies merupakan tanaman obat dan lebih dari separuh, 4.500 spesies berasal dari Jawa.

"Dengan kekayaan itu, Indonesia perlu melestarikan tanaman obat dan obat-obatan tradisional atau jamu," kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih dalam Konferensi Obat Tradisional Negara-Negara ASEAN III di Solo, Jawa Tengah, Senin (31/10/2011). Konferensi diikuti 10 negara ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Laos, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Berdasarkan riset Kementerian Kesehatan pada 2010, sebanyak 49,53 persen penduduk Indonesia berusia 15 tahun ke atas mengonsumsi jamu. Dari jumlah itu, sebanyak 4,36 persen mengonsumsi jamu setiap hari, sedangkan 45,17 persen meminum jamu sesekali.

Proporsi jenis jamu yang banyak dipilih adalah jamu cair (55,16 persen), jamu bubuk (43,99 persen), dan jamu seduh (20,43 persen). Adapun jamu yang dikemas secara modern, seperti kapsul, pil, dan tablet, tidak banyak dikonsumsi, yaitu sekitar 11,58 persen.

"Untuk itulah pemerintah berupaya mengintegrasikan pengobatan tradisional dalam sistem kesehatan nasional. Jamu tidak hanya sebagai alternatif, tetapi diharapkan mampu menggantikan obat-obat berbahan baku kimia," kata Endang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com