Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namaste, Tak Sekadar Festival Yoga

Kompas.com - 02/12/2011, 19:54 WIB

KOMPAS.com - Yoga menjadi pilihan olahraga banyak kalangan. Terutama bagi mereka yang membutuhkan keseimbangan dari rutinitas dan hiruk pikuk kehidupan di perkotaan. Yoga menjadi penyembuhan dari dalam diri, sekaligus aktivitas fisik yang membuat tubuh lebih bugar. Yoga dapat dilakukan siapa saja yang dapat bernafas, ditambah dorongan kuat dari dalam diri dan passion.

Namaste Jakarta International Yoga, Healing & Wellbeing Festival 2011, untuk kali kedua diadakan di Jakarta. Baik pemula maupun praktisi yoga berkumpul dalam kegiatan tiga hari yang kini memilih Hotel Borobudur sebagai lokasi acara.

Sebanyak 11 master yoga ternama tingkat internasional, serta tujuh pengajar yoga dari berbagai komunitas yoga di Indonesia, dihadirkan di Namaste festival 2011 yang berlangsung 2-4 Desember 2011.

Anita Boentarman, pendiri Namaste Festival, mengatakan kegiatan ini memang mendatangkan lebih banyak master yoga dari luar negeri, karena memang festival ini dibuat lebih berskala internasional. Meski begitu, katanya, peserta lebih banyak datang dari Jakarta.

"Peserta lebih banyak dari Jakarta, dan memang festival ini diadakan untuk membantu mereka yang menjalani kehidupan dengan stres tinggi di Jakarta, agar lebih rileks. Karenanya festival ini menghadirkan kelas yoga, healing dan wellbeing. Untuk jenis yoga yang dihadirkan, tahun ini lebih banyak daripada tahun lalu. Saat ini ada lebih dari sembilan style yoga, bertambah dari enam style yoga pada festival tahun lalu," kata Anita kepada Kompas Female di sela jumpa pers di sport Area Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (2/12/2011).

Festival yoga ini berlangsung padat, mulai pukul 07:00 hingga 18:00 setiap harinya. Beragam pilihan kegiatan tersedia, mulai kelas yoga, meditasi, self healing, talkshow, pemutaran film, kelas memasak hingga kelas pijat bayi.

Dalam satu hari, ada lebih dari empat sesi waktu kegiatan. Setiap sesi waktu atau pada jam yang bersamaan, ada delapan kelas yoga atau kegiatan lainnya yang diadakan di delapan podium berbeda. Total ada 96 kelas yoga dan sesi healing dan wellbeing diberikan oleh total 37 praktisi. Anda dapat memilih sesuai minat dan kebutuhan.

Mengambil konsep gaya hidup hijau, festival ini juga diadakan di ruang terbuka dan ditata dengan suasana hijau menyatu dengan alam. Rileksasi tubuh dan pikiran menjadi sasaran utama diadakannya festival yang mampu menampung 800 peserta dalam satu hari ini.

Untuk mengikuti kegiatan ini, Anita menjelaskan, peserta dapat memilih cara pembelian tiket. Seperti tiket terusan Rp 2 juta untuk tiga hari dan bebas mengikuti berbagai kegiatan. Tiket harian senilai Rp 1.250.000. Juga tiket per kelas senilai Rp 375.000. Namun ada juga community class yang terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Seperti prenatal yoga untuk ibu hamil, kundalini yoga untuk keluarga

"Pendaftaran masih dibuka hingga Minggu. Hasil penjualan tiket, 50 persennya, akan disumbangkan kepada yayasan Cinta Anak Bangsa," kata Anita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com