Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenggok Si "Big Size" di Atas Catwalk

Kompas.com - 05/12/2011, 14:29 WIB

KOMPAS.com - Cantik tak harus selalu dikaitkan dengan tubuh langsing, kulit putih, dan tinggi semampai. Perempuan bertubuh besar pun bisa terlihat cantik, asalkan mampu merawat kebersihan diri dan memilih busana yang serasi, serta mampu memancarkan kecantikan dari dalam.

Menurut Ririe Bogar, pendiri komunitas Xtra-L yang beranggotakan perempuan-perempuan bertubuh besar, perempuan gemuk juga bisa berlihat cantik asalkan mampu memilih busana yang modis namun sesuai dengan bentuk tubuhnya, memiliki kepribadian yang baik, dan kepercayaan diri yang tinggi. Untuk membuktikan bahwa perempuan gemuk juga bisa tampil cantik, RB Models asuhan Ririe Bogar mengadakan sebuah mini fashion show yang diperagakan para model bertubuh "big size".

Dalam fashion show ini ditampilkan belasan busana yang bisa menjadi pilihan para perempuan bertubuh "XL" dalam berbagai model dan warna yang cerah. "Untuk perempuan besar, sebaiknya pilih bahan baju yang bisa menyerap keringat, seperti spandex, atau bahan kaos," tukas Ririe kepada Kompas Female, saat fashion show "Stop Bullying... So What If I'm Big!" di Pejaten Village, Jakarta Selatan, Sabtu (3/12/2011) lalu.

Bahan sutera sebaiknya tidak menjadi pilihan karena selain tidak menyerap keringat, ketika Anda berkeringat baju akan menempel di kulit dan membuat Anda tak nyaman bergerak karena lengket.

Sebagian besar baju yang ditampilkan saat peragaan busana merupakan busana dengan model mini dress setinggi lutut. Model gaun yang dikenakan tidak banyak memperlihatkan detail-detail tertentu untuk menghindari terfokusnya pandangan orang pada bagian tubuh yang terlihat besar. Pilihan dress dengan model mirip baby doll sampai dress tanpa lengan juga bisa dikenakan perempuan bertubuh besar yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Selain dress dengan bahan yang polos, kain bermotif ramai juga cocok untuk jadi pilihan. Kombinasi warna cerah seperti merah, putih, hijau terang, dengan motif bercorak garis-garis yang dipadukan dengan bolero juga tampak cantik. Jika Anda lebih berani tampil berbeda, sepertinya motif leopard print dengan bolero pendek hitam polos atau kombinasi warna dasar gelap dengan motif garis dalam dua warna terang juga bisa jadi paduan yang serasi.

Tambahan aksesori yang simpel dan tak terlalu berat juga bisa jadi cara jitu untuk mengaburkan pandangan orang dari tubuh besar. Kalung atau jepit rambut bisa membuat orang terfokus pada wajah atau leher Anda.

Dalam sesi lainnya, ditampilkan juga pilihan baju yang bisa dikenakan untuk perempuan bertubuh besar, seperti penggunaan celana pendek, celana jeans, dan t-shirt. "Sejak tahun 2006 sampai sekarang sudah banyak toko yang menyediakan baju untuk ukuran big size, mulai dari XL sampai 8L. Jadi kami tak kesulitan lagi untuk mencari baju yang cocok untuk kami," beber Ririe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com