Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Konsultasi Karier untuk "Fresh Graduate"

Kompas.com - 03/01/2012, 16:29 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar lulusan perguruan tinggi belum memiliki pengalaman bekerja profesional. Mereka boleh saja menguasai teori-teori dalam bekerja, tetapi belum tentu pernah mengalami dinamika bekerja sebenarnya. Karenanya, bimbingan orientasi menuju dunia kerja atau coaching clinic dibutuhkan para fresh graduate ini sebagai bekal memasuki dunia kerja.

Adalah tugas para penyelenggara pendidikan tinggi yang wajib membantu mahasiswa agar tidak gagap saat harus masuk ke dunia kerja. Mahasiswa yang akan lulus membutuhkan bimbingan atau coaching clinic ini. Coaching clinic di setiap perguruan tinggi fungsinya sebagai lembaga konsultasi dan pengembangan skill dan job offer. Dalam perkembangannya, terdapat dua model bimbingan, yakni job coaching dan career coaching.

Job coaching membantu untuk memasuki dunia kerja pada tahap awal, sedangkan career coaching untuk membantu mengembangkan karier. Coaching clinic juga bermanfaat untuk menggali lagi motivasi pada orang-orang yang menganggap dirinya telah berhasil. Kadang belajar dari sebuah kegagalan justru baik dan menjadi peringatan.

Ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk menentukan karier. Salah satunya adalah gaji. Gaji dapat mengukur kontribusi pada pekerjaan. Tahapan konsultasi dalam Coaching clinic terdiri dari 5D, di antaranya definition, yakni mengenali diri sendiri, discovery untuk menggali potensi diri, dream untuk mengenali tujuan hidup dan pekerjaan ideal, design untuk strategi dalam membangun karier, serta destiny yang lebih mengarah pada aksi.

Bimbingan orientasi karier sebaiknya dilakukan konsultan berlatar belakang psikologi dan asosiasi coach internasional. Konsultasi coaching clinic tak hanya berhenti pada tahap pengenalan diri dan penggalian protensi, namun juga sampai pada tahap membuat CV, wawancara kerja dan berbagai hal terkait pekerjaan juga karier. Saat mengikuti coaching clinic, manfaatkan kesempatan untuk banyak bertanya kepada konsultan tentang dinamika bekerja secara profesional. (*TYS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com