Agar Microwave "Panjang Umur"

Kompas.com - 05/01/2012, 20:54 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Microwave merupakan salah satu benda yang tak boleh ketinggalan ada di dapur Anda. Beragam fungsi microwave seperti mengurangi lemak dan kolesterol karena menggunakan sedikit atau tanpa minyak sama sekali, mencairkan makanan yang baru saja keluar dari freezer, ataupun menghangatkan makanan.

Namun, seringkali kita kurang cermat merawat microwave yang kita miliki. Padahal awet atau tidaknya suatu benda tergantung pada perawatannya. Dengan perawatan berkala dan tepat, microwave Anda pasti bisa panjang umur. Ini dia cara merawat microwave agar tetap awet dan tahan lama.

1. Bersihkan bagian dalam microwave setiap kali selesai menggunakannya. Bersihkan microwave dari sisa-sisa makanan yang menempel atau tumpah pada bagian dalam microwave. Sisa makanan yang menempel ini bisa menyerap energi panas yang dikeluarkan saat microwave beroperasi sehingga bisa terbakar dan menimbulkan kerusakan.

2. Untuk membersihkan sisa makanan yang menempel, letakkan mangkuk berisi air panas yang sudah ditambahkan irisan jeruk lemon. Panaskan air tersebut dalam microwave selama beberapa menit. Uap dari air lemon tersebut akan melunakkan sisa makanan yang menempel sehingga akan mudah dibersihkan. Selain itu, microwave pun akan mengeluarkan aroma lemon yang segar.

3. Periksalah setiap bagian microwave bila terjadi kerusakan, misalnya pada bagian pintunya. Pintu microwave yang tidak tertutup dengan sempurna akan menyebabkan energi yang dikeluarkan lebih boros karena energi panas yang seharusnya berada di dalam microwave akan keluar.

4. Hindari menyalakan microwave tanpa ada makanan di dalamnya. Bila tidak ada makanan yang menyerap energi panas, energi tersebut akan kembali ke dalam microwave dan menimbulkan kerusakan.

* Sumber: Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", Penerbit Buku Kompas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.