Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2012, 17:10 WIB

KOMPAS.com - Namanya saja Hari Kasih Sayang, tentunya tak hanya boleh dirayakan dengan pasangan. Anak-anak dan anggota keluarga yang lain harus turut merasakan indahnya kasih sayang. Karena itu, jadikan momen Valentine kali ini untuk melakukan berbagai kegiatan spesial bersama keluarga. Kira-kira, apa yang bisa kita lakukan bersama anak?

1. Surat cinta
Untuk menunjukkan rasa sayang kita, sekaligus memberikan kejutan kepada anak, tak ada salahnya kita memberikan surat cinta kepada mereka. Menulis surat cinta untuk masing-masing anak memberikan pesan bahwa mereka dicintai, dan mengajarkan mereka untuk mengekspresikan perasaan. Jika anak masih terlalu kecil dan belum bisa membaca, Anda bisa membuat video berisi ungkapan cinta.

2. Melakukan hal bersama
Pikirkan untuk melakukan satu hal menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anggota keluarga, dan bukan memberikan hadiah. Misalnya, mengajak anak untuk memasak, piknik keluarga, atau membaca buku bersama-sama. Ingatlah bahwa sebuah gerakan kecil dapat menunjukkan kasih yang besar.

3. Ajak anak beramal
Ajak anak untuk berbagi kasih sayang dengan orang di sekitarnya yang kurang mampu. Banyak yang bisa mereka lakukan, misalnya membagikan makanan kecil untuk anak jalanan, mengunjungi panti asuhan, atau mengkoordinir sumbangan untuk teman sekolah yang sedang sakit, dan lain sebagainya.

4. Kumpul keluarga
Kenapa tak coba untuk merayakan Valentine dengan keluarga besar? Pasti akan semakin meriah dan menyenangkan. Jika tidak mungkin mengumpulkan seluruh keluarga, coba cara yang lebih praktis, yaitu dengan mengajak anak menyapa kakek-nenek dan keluarga lainnya dengan video chatting. Hal ini akan membantu anak membangun dan memelihara hubungan baik dengan kerabat lainnya.

5. Bermain bersama
Bila Anda tak menyiapkan acara secara khusus, pulanglah lebih cepat dari biasanya, lalu luangkan untuk bermain bersamanya. Siapkan mainan favoritnya, lalu bermainlah sandiwara boneka, pasar-pasaran, atau temani saja dia memainkan video game atau nonton film kartun kesukaannya. Anak akan senang karena ibu pulang lebih cepat dari biasanya, sudah begitu bisa main bersama lagi!

6. Makan malam spesial
Agar lebih akrab, Anda bisa memasak makan malam sendiri. Minta bantuan suami dan anak-anak menyiapkan makan malam bersama. Supaya lebih berkesan, coba buat sesuatu yang berbeda, misalnya dengan makan malam di halaman belakang rumah, atau di ruang keluarga dengan menggelar alas piknik. Intinya adalah menghadirkan kesan yang berbeda dan istimewa untuk keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com