Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2012, 09:32 WIB

KOMPAS.com - Indonesia Fashion Week (IFW) 2012 resmi dimulai, Kamis (23/2/2012), dan berlangsung empat hari di Jakarta Convention Center. Panggung busana menjadi salah satu destinasi favorit pecinta fashion di pesta mode ini. Setiap harinya, IFW 2012 menampilkan kreasi terbaru desainer muda dan ternama Indonesia, untuk memberikan inspirasi dan mencipta tren busana ke depan buatan lokal.

Di hari pertama IFW 2012, lima fashion show berlangsung di Assembly Hall, Jakarta Convention Center. Sebagai pembukanya, 13 desainer hadir menampilkan total puluhan model busana, dirancang khusus untuk perempuan modern yang dinamis, berani tampil beda dengan gaun berwarna segar namun tetap mencintai akar budaya dengan adanya sentuhan kain tradisional di sejumlah busana.

Omar Matini, desainer asal Siria besutan Fashion TV tampil perdana di panggung IFW 2012. Menghadirkan koleksi F.Collection di IFW, Matini menunjukkan konsistensi rancangannya yang sarat paduan detil dan warna, menonjolkan kepribadian eksklusif perempuan. Matini hadirkan pilihan busana terusan yang feminin dengan potongan seksi. Menggunakan warna pastel namun memberikan kesan mewah-elegan dengan aplikasi manik dan bulu. Motif animal print juga hadir di antara belasan koleksi Matini yang ditampilkan membuka peragaan busana IFW 2012. Produk fashion berlabel Matini yang tersebar di Eropa, Amerika, dan Timur Tengah, dapat menjadi inspirasi sekaligus memotivasi. Termasuk pengalaman Omar Matini yang telah berkiprah lebih dari setengah abad di industri fashion global, berawal dari bisnis keluarga.

Penampilan Omar Matini berlanjut dengan parade desainer muda bertalenta dari Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Desainer ternama Jazz Passay tampil mengawali peragaan busana APPMI bertajuk Affair Flair. Koleksi Jazz Passay tak kalah menyegarkan, dengan gaun berwarna hijau muda dan biru tosca. Paduan brokat pada gaun, dilengkapi dengan aplikasi beadings, memberikan penampilan feminin-elegan. Satu lagi desainer ternama yang turut membuka IFW, Zainal Songket yang mewakili kreasi busana berbasis budaya mengaplikasikan songket pada busana two pieces berkesan modern, dengan dominasi warna biru navy.
 
APPMI menghadirkan desainer muda untuk tampil satu panggung dengan desainer ternama. Sebut saja Elok Rege Napio dengan busana feminin bergaya muda, Ferry Daud dengan koleksi kebaya modern dengan garis rancang yang tak konvensional, seakan ingin memberikan pengalaman berbeda dalam berbusana. Grace Fenny menyusul kemudian menampilkan dress putih berkesan simpel, dengan kantung yang memberikan sentuhan dan gaya dinamis dari sisi feminin seorang perempuan muda. Sementara desainer Komelia Ersan hadir menampilkan koleksi sepatu Alea Shoes dengan warna berani seperti merah, pink, hijau, beberapa di antaranya adalah model wedges.

Desainer muda APPMI juga banyak menampilkan koleksi kebaya seakan ingin memberikan pilihan dengan perspektif dan garis rancang bergaya muda. Selain Ferry Daud, Joko Sasongko juga memberikan pilihan busana kebaya dengan sentuhan warna berani.

Lain lagi dengan Jimmy Fei-Fei, Denny Djoewardi, Geraldus Sugeng, Harry Ibrahim yang menampilkan busana dengan imajinasi tanpa batas. Jimmy menampilkan gaun dengan model rok ruffles bermotif bunga. Pilihan warna berani seperti biru, pink, ungu, merah dan oranye menambah kemewahan gaun rancangan Jimmy yang membuat model berlenggok bak penari Flamenco. Denny tak kalah imajinatif menampilkan dress beraksen bunga di bagian bawah terusan juga di dada. Aksen bunga berkesan feminin juga menarik perhatian Geraldus Sugeng yang merancang terusan berwarna segar, hijau kekuningan.

Hingga pertunjukkan nyaris berakhir, kejutan masih terus diberikan perancang APPMI. Harry Ibrahim tampil dengan rancangan adibusana berwarna putih dengan banyak menampilkan jubah termasuk gaun putih berjubah panjang yang memberikan penampilan megah juga mewah, menunjukkan kemahiran desainer dalam mengaplikasikan detil busana.  Marga Alam tampil sebagai penutup pertunjukkan dengan gaun mewah untuk perempuan modern, menonjolkan warna silver dan hitam berpadu aplikasi keemasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com