Salah Pilih Sushi Bisa Bikin Gemuk

Kompas.com - 24/02/2012, 18:44 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Makanan Jepang, salah satunya sushi, kerap diklaim sebagai makanan yang sehat. Namun, sushi juga bisa memicu penambahan kalori dalam tubuh dengan cepat, terutama jika Anda salah memilih sushi yang disantap. Coba pilih-pilih lagi sushi yang akan dipesan, agar kelezatannya tidak malah membuat Anda kelebihan kalori.

1. Salmon atau tuna sushi
Carol Ann Rinzler, penulis buku Nutrition for Dummies, mengungkapkan bahwa sushi merupakan makanan yang rendah lemak, asalkan disantap dengan benar. "Untuk memaksimalkan manfaat sushi, pilih sushi yang kaya akan omega-3, lemak tak jenuh yang melindungi jantung dan meningkatkan kekuatan otak," ujarnya. Rinzler merekomendasikan untuk memilih salmon dan tuna sushi. Keduanya memiliki kalori yang rendah, yaitu 40 kalori per ons untuk salmon, dan 42 kalori per ons untuk tuna. Selain itu, salmon dan tuna kaya akan kandungan protein, omega-3, dan kandungan vitamin D.

2. Jangan lewatkan wasabi
Meski wasabi memiliki rasa yang pedas dan cenderung tak disukai, pertimbangkan untuk mencicipinya saat menyantap sushi. "Wasabi mengandung antioksidan seperti isothiocyanate seperti brokoli, yang berfungsi sebagai antikanker," tukasnya. Tak perlu menyantapnya dalam jumlah yang banyak. Menambah sejumput wasabi dalam setiap potong sushi sudah cukup untuk mendapat keuntungannya.

3. Pilih sushi panggang, atau mentah

"Pilihlah jenis sushi yang isinya dipanggang, mentah, atau pilih saja sashimi karena secara harafiah hanya berupa daging ikan mentah tanpa nasi dan tambahan lainnya," ungkap J. Margaux Rathbun, praktisi terapi gizi dan pembuat situs Authentic Self Wellness. Sekarang ini sudah banyak jenis fusion sushi yang menggabungkan bahan-bahan makanan dari Jepang dengan teknik memasak negara lain, sehingga ada sushi yang dimasak dengan cara dipanggang dalam oven. Artinya, ikan yang menjadi topping sudah masak betul.

Di Indonesia banyak gerai sushi yang menawarkan sushi yang digoreng. Namun untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan tetap langsing, sebaiknya hindari sushi yang digoreng. Kandungan minyak goreng di dalamnya memiliki ikatan lemak tak jenuh yang tak baik untuk kesehatan. Selain itu beberapa fusion sushi juga memberi tambahan mayones, yang tentunya juga menambah kalori. Jika sedang diet, pilih sushi yang otentik Jepang dengan kreasi nigiri, atau sashimi.

4. Pilih sushi sayuran
Memilih sushi berisi irisan sayur tanpa daging juga jadi pilihan yang baik. Beberapa gerai sushi kini sudah menyajikan pilihan sushi vegetarian dengan bahan seperti ketimun, alpukat, selada, dan sayuran lainnya. "Sayuran laut seperti rumput laut, atau olahannya seperti nori, juga merupakan makanan yang berkhasiat untuk menambah nutrisi dan mengandung vitamin K, magnesium, dan folat," ungkap Rathbun.

Baca juga:
Kenapa Brokoli Perlu Dibumbui Wasabi
Wasabi, Bukan Cuma untuk Bumbu Sushi



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X