Zumba, Olahraga Plus Dansa Latin

Kompas.com - 09/03/2012, 09:05 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Olahraga sering dipandang sebagai aktivitas wajib, punya pola tertentu, dan terkesan kaku. Namun, seiring perkembangannya, olahraga mulai bisa "bersikap" fleksibel dalam setiap gerakannya. Kita tak harus menghentak dengan kuat dan cepat, tapi juga mengikuti irama yang santai, lenggak-lenggok tubuh yang gemulai, serta kegembiraan dalam melakukannya. Salah satu jenis olahraga yang mengutamakan kenyamanan dan kesukacitaan para pelakunya adalah Zumba Fitness.

"Biasanya olahraga dikaitkan dengan berbagai hal yang itu-itu saja, namun melalui Zumba Fitness tubuh jadi lebih rileks dan santai," ungkap Vicky Burki, artis yang juga pelatih senam, kepada Kompas Female, di sela-sela acara peluncuran Junko n Crew's Studio Zumba Fitness, di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (7/3/2012) lalu.

Olahraga yang berasal dari Amerika Latin ini memang telah populer di berbagai belahan dunia, dan saat ini sedang coba diperkenalkan di Indonesia. Pola dasar Zumba adalah pesta, dimana gerakan olahraga dipadukan dengan gerakan dansa. Menurut Jun Ko Agus, pemilik Junko n Crew's Studio sekaligus instruktur Zumba, di Amerika kelas Zumba dipenuhi sekitar 100-an orang yang tertarik untuk memelajari olahraga ini.

"Mereka sampai rela berdesak-desakan, tapi justru semakin senang karena konsep Zumba ini mirip seperti pesta," tambahnya.

Jika diperhatikan, gerakan Zumba Fitness ini mirip gerakan-gerakan dansa gaya latin yang diiringi musik dengan tempo yang lebih upbeat. Irama ini akan membantu gerakan-gerakan ini memaksimalkan fungsinya pada tubuh. "Ada ribuan gaya dansa yang diterapkan pada Zumba Fitness, dan semuanya punya porsi masing-masing untuk tubuh," tukas Vicky, sambil menambahkan bahwa olahraga ini memadukan berbagai gerakan dansa seperti cha-cha, salsa, tango, sampai flamenco yang seksi.

Berbagai gerakan olahraga ini memiliki manfaat untuk seluruh tubuh. Gerakan-gerakannya berfokus pada pembentukan lekuk tubuh, terutama untuk perempuan, termasuk membentuk otot. Selain itu, pinggul, pinggang, serta kekuatan kaki, juga menjadi titik fokus Zumba Fitness. Yang paling penting, Zumba memungkinkan Anda untuk bergerak lepas, tanpa harus terpaku betul pada pola gerakannya.

"Zumba Fitness punya cara yang lebih fun dan seru, dan gerakannya bisa diimprovisasi sesuai kekuatan dan kemampuan kita sendiri," tutur Vicky.

Namun jangan sepelekan Zumba, karena dengan "berdansa" selama satu jam Anda bisa membakar antara 600-1.000 kalori! Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari latihan Zumba, Jun Ko menyarankan untuk berlatih selama satu jam per hari, selama empat hari berturut-turut.

Untuk semua usia
Berbagai gerakan Zumba yang seru ini tergolong aman dilakukan oleh semua orang dari segala umur, mulai usia 4 - 80 tahun. Secara umum, ada tiga jenis Zumba Fitness yang dibagi berdasarkan tingkatan usia. Untuk tingkatan remaja sampai dewasa bisa melakukan gerakan Zumba Fitness, sedangkan untuk usia lanjut disarankan untuk mengikuti kelas Zumba Gold, dimana gerakan dansanya dirancang untuk menguatkan tulang serta berfokus pada kelenturan tubuh.

"Manfaat untuk para orang tua lebih untuk menambah kekuatan kaki mereka," ujar Jun Ko.

Sedangkan anak-anak usia 4-12 tahun bisa mengikuti kelas Zumbatomic. Gerakan Zumba dalam kelas ini difokuskan pada gerakan seluruh tubuh yang dilakukan dengan lebih santai dan khas anak-anak. Zumbatomic juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, kelenturan, serta daya konsentrasi anak untuk mengingat semua gerakan dansanya.

Junko n Crew's Studio
Kemang Seven Building Lt. 4
Jl. Kemang Raya No. 7
Jakarta Selatan

Telp: 021-718 3912
PIN BB: 25E42F46
junkoncrews@gmail.com

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.