Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Kotoran di Kulit Buah Hilang Seluruhnya

Kompas.com - 21/03/2012, 19:13 WIB

KOMPAS.com - Meski sebenarnya buah memiliki banyak nutrisi, sebaiknya kita tetap berhati-hati saat akan menyantap buah. Lapisan lilin serta kotoran lain yang mungkin menempel pada kulit buah tak jarang bisa merusak kesehatan kita. "Bahkan sekarang ini juga ada buah yang disuntik dengan bahan kimia agar bisa cepat matang, dan lebih awet," tukas pakar nutrisi Emilia E. Achmadi MS, RD, dalam acara "Buavita Fruit Does You Good", di Birdcage, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (19/3/2012) lalu.

Salah satu tanda buah yang disuntik adalah adanya bintik-bintik hitam di permukaan kulit. Untuk meminimalisasi risiko yang dialami akibat adanya kandungan lapisan lilin dan bahan lainnya, buah harus dicuci terlebih dulu. "Pencucian buah tidak berarti bisa menghilangkan lapisan lilin dan bahan kimia ini seratus persen, namun paling tidak bisa meminimalisasi kadarnya," jelasnya.

Meski kotorannya tak hilang sempurna, paling tidak kadarnya sudah berkurang dan sisa kotoran yang masuk ke dalam tubuh masih bisa diatasi oleh sistem antibodi seseorang. Menurut Emilia, kita tak bisa sembarangan  mencuci buah. Begini cara mencuci buah yang direkomendasikannya:

1. Dicuci dengan air mentah
Ketika buah baru dibeli dari pasar, sebaiknya langsung cuci dengan air mentah agar kotoran di permukaannya hilang. Selain itu, usahakan untuk selalu mencuci buah di bawah air mengalir. Jangan sekali-kali merendam buah dalam sebuah wadah, karena hal ini akan membuat kotoran buah yang sudah terlepas menempel kembali.

2. Dicuci dengan air hangat
Setelah dicuci dengan air mentah, cuci kembali buah dengan air hangat. Air hangat ini berfungsi untuk mengurangi lapisan lilin yang ada di permukaan buah, serta bahan lainnya. Air hangat ini mudah merontokkan kotoran-kotoran yang lebih bandel di permukaan dibanding dengan air dingin. Usahakan untuk mencuci buah ini dengan cara menggosok permukaannya.

3. Dilap dengan lap bersih dan kering
Setelah dicuci, keringkan buah dengan lap yang kering dan bersih untuk menghilangkan sisa kotoran yang mungkin masih menempel akibat percikan air kotor bekas mencuci buah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com