Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Paling Pede di Usia 35

Kompas.com - 27/04/2012, 14:44 WIB

KOMPAS.com - Orang mungkin menduga bahwa usia 20-an adalah usia puncak untuk segalanya: penampilan, kesehatan, atau karier. Melewati usia 30, anggapannya penampilan sudah mulai menua (karena hadirnya anak-anak), stamina menurun, sementara stres bertambah lantaran kebutuhan hidup yang semakin meningkat.

Namun menurut penelitian yang diadakan oleh brand pakaian premium CC, kaum perempuan justru mencapai puncak kebahagiaannya pada usia 35 tahun. Pada usia tersebut lah mereka menemukan penampilan yang membuat mereka paling bahagia dan percaya diri. Satu dari tiga perempuan mengaku, semakin bertambah usia, mereka merasa makin nyaman dengan penampilan mereka. Tiga dari empat perempuan menganggap gaya mereka makin membaik.

Para peneliti juga mendapati bahwa satu dari 20 perempuan bahkan belum merasa prima sampai memasuki usia 56 tahun. Sebaliknya, 59 persen perempuan mengaku merasa bersalah karena bergaya terlalu muda untuk usia mereka.

"Ada asumsi bahwa penampilan dan selera berbusana Anda mencapai puncaknya di akhir usia belasan dan awal 20-an, namun penelitian ini menunjukkan bahwa Anda bisa menunggu sampai Anda menemukan gaya dan citra yang sesuai untuk Anda. Kepercayaan diri, pengetahuan, dan kebijakan itu penting bisa menyangkut penampilan yang baik. Anda bisa bisa saja mengikuti tren terbaru dan barang-barang fashion yang wajib dimiliki, namun jika Anda tidak memiliki kepercayaan diri untuk memakainya, pasti sia-sia," papar juru bicara CC mengenai hasil penelitiannya.

Pencapaian puncak di usia 35 tahun ini juga tidak melulu berkaitan dengan penampilan. Dalam penelitian yang dilakukan situs belanja bahan makanan Asda, pernah diungkapkan bahwa perempuan butuh 11 tahun untuk menguasai cara mengolah hidangan yang sempurna untuk makan malam, yang biasanya terjadi usia 30-an. Dua pertiga perempuan baru memasak makan malamnya yang pertama pada usia 23. Namun, mereka baru merasa benar-benar menguasai cara memasaknya pada usia 34. Lebih dari separuhnya mengatakan bahwa menyiapkan makan malam pada waktunya justru merupakan bagian paling sulit.

Bagaimana dengan Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com