Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Beban Ringan Lebih Efektif Kencangkan Otot

Kompas.com - 29/04/2012, 15:58 WIB

KOMPAS.com - Latihan beban secara intensif memang membuat tubuh Anda lebih kencang, khususnya pada bagian lengan. Bila Anda berharap segera ingin memiliki lengan kencang ala Jessica Biel, jangan keburu menyingkirkan dumbbell Anda yang seberat 2,5 kg. Karena meskipun tidak terlihat cukup mengesankan, dumbbell yang ringan justru akan membentuk lengan lebih baik daripada yang lebih berat.

Kuncinya, menurut Nicholas Burd, peneliti di McMaster University di Ontario, Canada, adalah melakukan lebih banyak repetisi. Artinya, Anda perlu melakukan lebih banyak hitungan menggunakan beban ringan tersebut, agar hasilnya sama atau bahkan lebih efektif jika menggunakan beban berat namun dengan repetisi lebih sedikit.

Burd mengatakan, bukan ukuran beratnya yang penting, melainkan lamanya latihan. Latihan dengan intensitas rendah untuk periode waktu yang lebih lama kemungkinan besar akan lebih efektif.

"Latihan ketahanan lain, di luar latihan intensitas tinggi yang sudah sering dibahas, bisa efektif dalam menstimulasi respons pembangunan otot yang dapat menghasilkan otot-otot yang lebih besar," katanya.

Sesi latihan dengan intensitas yang lebih rendah yang dilakukan dengan lebih banyak repetisi kemungkinan lebih efektif karena membangun otot secara berkelanjutan selama berhari-hari. Meski begitu, untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar dengan menggunakan beban yang lebih ringan, Anda harus benar-benar telah merasa lelah. Dan, ini hanya bisa didapat dengan latihan yang lebih lama.

Selain itu, Anda harus meningkatkan beban secara berkala untuk melihat perubahan dalam otot dan beban latihannya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com