Cabut Gigi Atas, Benarkah Lebih Berisiko?

Kompas.com - 05/06/2012, 08:05 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : 

Dok saya mau tanya, kemarin saya ke dokter gigi. Ketika saya mau pasang behel gigi, si dokternya menyarankan saya untuk cabut 2 (dua) gigi atas saya. Alasan dokter, gigi saya agak padat sehingga harus  ada yang dicabut. Bagaimana pendapat dokter Citra ? Sepengetahuan saya, menurut orang-orang,  gigi atas itu tidak boleh dicabut karena banyak saraf di daerah tersebut. Tolong pertimbangan dan penjelasannya apabila harus dicabut gigi saat dipasang behel? Terima  kasih atas jawabannya. 

(Kani, 25, Balikpapan)

 

JAWAB :

Mbak Kani, seorang dokter gigi akan memutuskan pencabutan gigi dalam proses perawatan ortodontik setelah melewati berbagai analisa. Di antaranya analisa model gigi anda, analisa foto rontgen panoramik dan cephalometrik, serta melalui prosedur pemeriksaan klinis lainnya.

Pencabutan gigi pada perawatan ortodontik diperlukan untuk mendapatkan ruangan yang besar untuk kasus-kasus tertentu seperti gigi berjejal.  Pencabutan pada rahang atas untuk keperluan ortodontik biasanya dilakukan pada gigi premolar. Jika pencabutan dilakukan dengan prosedur yang benar, maka tidak akan berbahaya.

Namun, hal penting yang perlu diperhatikan untuk pencabutan gigi premolar rahang atas adalah adanya ruang sinus tepat di atasnya, jika tidak hati-hati maka akan terjadi lubang pada sinus yang akan mengakibatkan keluarnya cairan melalui hidung anda.

Melalui bantuan foto rontgen, dokter gigi akan paham mengenai prosedur dan tindakan pencabutan yang akan dilakukan, sehingga akan meminimalisasi semua efek tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.