Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Ibu Ajak Berbagi di Bulan Suci

Kompas.com - 27/06/2012, 15:08 WIB

KOMPAS.com - Ibu membawa pengaruh besar dalam keluarga dan lingkungan, termasuk untuk mengajak orang lain berbagi kepada kaum fakir dan miskin. Kekuatan kaum ibu inilah yang dilihat Heinz ABC dalam merancang program sosial tahunan yang memasuki tahun ketiga, ABC Dapur Peduli.

Pada 2012, ABC Dapur Peduli menargetkan 100.000 paket makanan berbuka yang akan dibagikan kepada kaum dhuafa di Jabodetabek dan Bandung, dengan melibatkan kaum ibu dalam proses persiapan makanan dan penyebarannya. Bedanya, tahun ini ABC Dapur Peduli melibatkan bukan hanya Dompet Dhuafa tapi juga Rumah Zakat untuk membantu mendistribusikan dan memetakan kantong-kantong penerima paket makanan agar sampai tepat sasaran.

Ari K Wibowo, Senior Brand Manager Heinz ABC Indonesia mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini bukan semata membagikan makanan kepada dhuafa, tapi juga mengajak kaum ibu lebih terinspirasi berbagi di keluarga dan juga lingkungannya. "Semangat berbagi inilah yang sebenarnya ingin disebarluaskan," jelas Ari, saat temu media di kantor Heinz ABC di Intiland Tower, Jakarta, Rabu (27/6/2012).

Nantinya, paket makanan untuk kaum dhuafa akan disebarkan 80 persennya di Jabodetabek, dan 20 persennya di Bandung. Pemilihan kota-kota besar atau satelit sebagai penerima paket makanan bukan tanpa alasan. Arlina F Saliman, General Manager Resource Mobilization, Dompet Dhuafa mengatakan masih banyak kaum dhuafa, fakir miskin seperti pemulung dan lainnya, yang kekurangan.

"Nantinya kita tidak sekadar berbagi, tapi memotivasi bahwa di tengah kesempitan waktu kita masih bisa berbuat lebih baik lagi," jelas Arlina.

Menjadi sukarelawan
Kegiatan sosial bergantung pada keterlibatan sukarelawan. Anda pun bisa ambil bagian dengan terlebih dahulu bergabung pada Fan Page Facebook ABC Dapur Peduli. Melalui media sosial ini Anda bisa mendapatkan informasi terkait aktivitas sosial sepanjang Ramadhan. Ari mengatakan, jumlah sukarelawan bertambah dari tahun ke tahun, mencapai dua kali lipat. Fans di Facebook pun telah melebihi dari angka 180.000.

Untuk kegiatan tahun ini, ABC Dapur Peduli menargetkan partisipasi sukarelawan sebanyak 200-300 ibu, namun tak menutup kemungkinan jika kaum bapak pun mau ikut serta. Kegiatan diawali dengan pembukaan di Masjid Al-Azhar Kebayoran Baru awal Agustus 2012, dilanjutkan dengan penyebaran paket makanan di sejumlah kantong dhuafa.

Pengalaman tahun lalu, 124.000 paket makanan tersebar, dengan 24.000 di antaranya berasal dari aktivitas online sukarelawan di media sosial. Angka ini terdiri dari 1000 paket makanan yang disebarluaskan di sekitar kawasan Masjid Sunda Kelapa, Menteng, 86.000 ke kantung dhuafa di Jabodetabek, dan 13.000 paket makanan disebarkan di Bandung. "Paket akan dibagikan setiap hari selama Ramadhan selama 25 hari," tutup Ari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com