Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Lain Rampingkan Badan: Diet Karbohidrat

Kompas.com - 03/07/2012, 21:17 WIB

KOMPAS.com -  Berprofesi sebagai seorang model mau tak mau membuat Renata Kusmanto harus menjaga bentuk tubuhnya agar selalu langsing. Untuk itu ia mengaku melakukan beberapa program diet selama tiga tahun terakhir ini.

"Diet yang saya lakukan ini bukan bertujuan untuk menurunkan berat badan, tapi hanya untuk menstabilkan berat badan dan metabolisme tubuh," ungkap Renata kepada Kompas Female, saat konferensi pers Jakarta Fashion Week 2013 di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/7/2012) lalu.

Perempuan asli Klaten, Jawa Tengah ini, mengungkapkan bahwa sampai sekarang ia hanya mengurangi asupan karbohidrat untuk menjaga agar berat badannya tetap normal. "Diet ini dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuh saja, bukan menghilangkannya, karena kita tetap butuh karbohidrat untuk beraktivitas," bebernya.

Meski mengurangi asupan karbohidrat, namun makan tetap dilakukan tiga kali sehari. Pola makan yang dijalankan Renata antara lain, sarapan dengan menyantap buah pisang dan susu, siang hari dengan menyantap menu makanan biasa, dan malam hari menu makan biasa namun porsinya lebih sedikit. Ia mengaku masih tetap mengonsumsi nasi putih, dan tidak menggantinya dengan nasi merah. "Biasanya dicampur, karena saya tidak suka rasa nasi merah," ungkap perempuan kelahiran 7 November 1982 ini.

Selain mengurangi karbohidrat, dalam sepiring makanan yang disantap, ia memilih untuk menambah asupan lauk (protein) dalam makanannya. Ikan menjadi lauk yang sering dikonsumsinya, ketimbang daging sapi ataupun daging lainnya.

Selain melakukan diet karbohidrat, sepupu dari model Mariana Renata ini juga tetap menjaga pola makannnya dengan menyantap makanan sehat lainnya, dan mengurangi asupan minyak pada makanan. Sayuran dan buah menjadi makanan sehat yang dipilihnya untuk menjaga agar berat badannya tetap stabil. Namun, Renata lebih senang minum jus buah ketimbang makan sayuran.

"Setiap hari saya minum jus campuran apel, wortel, dan jeruk, atau minum jus lemon tanpa gula. Jus lemon tanpa gula ini berfungsi juga untuk detoks tubuh," jelas perempuan berbobot 50 kg ini. Selain memengaruhi bobot tubuhnya, minuman ini menurutnya juga bisa memperhalus kulitnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com