Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2012, 14:36 WIB

Kompas.com - Sebagian besar karyawan punya kebiasaan mendengarkan musik sambil bekerja. Mereka berpendapat musik membantu mereka mengembalikan fokus. Memakai  headphone juga menjadi cara untuk keluar dari suasana kantor yang berisik atau terlalu hening.

Dari sisi biologi, musik yang merdu memang merangsang pelepasan dopamin di area otak yang berkaitan dengan ganjaran (reward), seperti saat kita mengonsumsi makanan lezat, atau mencium aroma harum.

"Pikiran manusia cenderung suka mengembara, dan hal itu bisa menyebabkan rasa tidak bahagia. Sebagian besar waktu kita juga dihabiskan untuk fokus pada hal yang tak sempurna dalam hidup. Nah, musik bisa membuat kita kembali pada momen saat ini," kata Dr.Amit Sood, pakar kedokteran integratif dari Mayo Clinic.

Dalam penelitian yang dilakukan Dr.Teresa Lesiuk mengenai pengaruh musik pada pekerjaan, ia menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik mampu memenuhi tugasnya lebih cepat dan memiliki ide-ide lebih baik. Salah satu penyebabnya adalah karena musik meningkatkan mood.

"Saat kita stres, keputusan yang diambil cenderung tergesa-gesa karena fokus perhatian kita terpecah. Sebaliknya saat mood kita positif, kita bisa memikirkan banyak alternatif," kata Lesiuk.

Ia menjelaskan, pilihan individu pada musik sangatlah penting. Ia membiarkan para responden dalam penelitiannya untuk memilih musik yang disukainya dan mendengarkan selama yang dimau.

Mereka yang memiliki kemampuan kerja menengah adalah kelompok yang mendapat manfaat paling besar dari musik, sementara para pakar tidak mendapatkan manfaat. Sedangkan orang yang baru bekerja menganggap musik mengganggu pekerjaan mereka.

Setiap perusahaan memiliki peraturan sendiri mengenai mendengarkan musik saat bekerja. Sebaiknya Anda cari tahu dulu mengenai aturan tersebut. Selain itu, batasi volume musik yang disetel, termasuk jika Anda mendengarkannya melalui headphone sehingga tidak menghalangi interaksi dengan orang di sekitar.

Menurut Dr.Sood, waktu yang efektif untuk meningkatkan konsentrasi dengan mendengarkan musik adalah 15 menit sampai 30 menit. Musik tanpa lirik adalah jenis yang paling ideal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com