Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2012, 08:50 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi tata rias wajah bisa beragam tujuannya. Kebanyakan, make up diaplikasikan ke wajah untuk mengoreksi bentuk wajah. Make up bisa membuat wajah yang bulat menjadi lebih tirus, juga sebaliknya.

Namun, khusus make up gaya Korea, aplikasi tata rias wajah bukan bersifat korektif. Tetapi lebih untuk menonjolkan kesegaran wajah, dengan gaya make up yang berani namun tetap terlihat natural dan simpel.

"Make up ala Korea bukan korektif tapi lebih fun dan segar," jelas make up artist Merry Welinda, di sela talkshow buku Korean Fever, Make Up and Hair Do, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurutnya, aplikasi make up ala Korea ini tepat untuk perempuan berbagai usia. Meski gaya Korea banyak digandrungi remaja, perempuan dewasa pun bisa mengaplikasikan gaya riasan Korea ini asalkan menyesuaikan warna dan tekstur kulit.

Ciri khas
Make up segar natural ala Korea lebih mengandalkan eye liner dan blush on. Pemilihan warna eye shadow juga cenderung berani, yakni warna terang namun tidak terkesan berat pada pengaplikasiannya.

"Eye shadow diaplikasikan tipis hanya pada kelopak mata, tetap terlihat tajam namun tidak berat," jelas Merry.

Selain menonjolkan area mata dengan eye liner dan eye shadow warna berani, make up ala Korea juga menonjolkan aplikasi blush on menghasilkan pipi yang semu.

Penampilan secara keseluruhan menunjukkan gaya muda dengan riasan ringan natural, namun berani bereksperimen. Bagi Anda yang ingin tampil segar terlihat lebih muda, gaya riasan Korea ini bisa menjadi inspirasinya.

Menurut Merry, make up segar ala Korea ini cocok dipakai untuk kebutuhan riasan harian hingga rapat kantor juga pesta. Bedanya, aplikasi make up, terutama eye liner dibedakan untuk riasan harian dengan rapat kantor apalagi pesta. Untuk menghadiri acara yang lebih formal atau riasan yang lebih menonjol, berikan penekanan pada eye liner dan lipstik.

"Untuk rapat kantor, pemakaian eye liner bisa lebih tebal. Sementara untuk pesta, aplikasikan lipstik dengan glitter dan tambahkan bulu mata palsu untuk lebih menonjolkan mata," sarannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com