Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Tangan Mewah Paduan Karakter Rusia dan Jerman

Kompas.com - 17/10/2012, 19:11 WIB

KOMPAS.com - Alexander Shorokhoff, merek jam tangan mewah buatan Jerman, merayakan hari jadinya yang ke-20 dengan meluncurkan seri "Harmony of Stripes". Model ini menampilkan desain garis vertikal pada latar belakangnya, dengan dua penunjuk waktu yang ditempatkan dalam dua bulatan terpisah.

Seperti produk-produk Alexander Shorokhoff pada umumnya, Harmony of Stripes memadukan sisi kreatif, emosional, dan eksentrik dari Rusia, serta karakteristik Jerman yang tegas dan terorganisasi. Menggunakan case dari stainless steel dan kaca safir, jam ini memiliki diameter 47 mm. Sistem dual movement-nya digrafir secara khusus, dengan menampilkan jam, menit, detik, dan kalender. Masing-masing penunjuk waktunya dihiasi  25 batu rubi, sedangkan talinya terbuat dari kulit buaya dengan buckle klasik.

Bekerja tanpa baterai, jam ini bisa bertahan hingga 38 jam. Selanjutnya, jam harus diputar setiap hari.

"Jam ini memang tidak memakai baterai, tapi pakai mekanikal. Ia memang mengutamakan desain, dan handcraft-nya dibuat sendiri oleh Alexander Shorokhoff," ujar Sugiharto Kusumadi, pendiri Red Army Watches, distributor jam tangan ini, saat peluncuran Harmony of Stripes di Rumah Kertanagara, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Brand Alexander Shorokhoff sendiri didirikan oleh Alexander Shorokhov, pria kelahiran Moskow, Rusia, yang memiliki minat di bidang arsitektur dan melukis. Setelah kuliah di jurusan teknik, dan bekerja di perusahaan konstruksi, Shorokhov kemudian menjadi salah satu pemuda terpilih di zaman Presiden Rusia Michael Gorbatchev untuk melanjutkan studi di bidang ekonomi di Jerman.

Di negara ini Shorokhov malahan mendirikan perusahaan marketing pada tahun 1992, dan menjual jam tangan Rusia dengan merek Poljot. Tidak lama kemudian, ia mulai mendesain dan memproduksi sendiri jam tangan dengan namanya sendiri. Siapa sangka, ternyata dunia jam tangan lah yang mengangkat namanya. Sebagai desainer jam tangan, Shorokhov memadukan passion-nya di bidang seni dan keahlian teknisnya, menghasilkan dua lini utama, Heritage dan Avant Garde.

Lini Avant Garde menawarkan jam tangan dengan model-model baru yang desainnya provokatif dan inovatif. Mesin-mesinnya diukir dengan cermat, dan jam baru akan berfungsi (hidup) kalau penggunanya bergerak. Koleksi ini umumnya digemari oleh para kolektor jam yang menginginkan kemewahan, kualitas tinggi, dan desain yang kreatif.

Sementara itu, Heritage menampilkan koleksi jam tangan yang diberi nama dengan tokoh-tokoh sejarah Rusia, seperti Peter Tchaikovsky, Alexander Pushkin, Leo Tolstoi, dan Fedor Dovtoevsky. Penamaan ini sebagai bentuk apresiasi pribadi terhadap tokoh-tokoh Rusia tersebut. Koleksi Heritage sangat digemari oleh pakar perhiasan internasional dan para penggemar jam tangan.

Koleksi Harmony of Stripes, yang termasuk dalam lini Avant Garde, terdiri atas dua pilihan warna, dengan penunjuk waktu berwarna putih dan hitam. Model ini hanya diproduksi sebanyak 200 buah di seluruh dunia, dengan harga 3.990 dollar Singapura, atau sekitar Rp 31 juta. Di Indonesia, butik Red Army Watches terdapat di Grand Indonesia EM #01-09, dan Senayan City #01-18.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com