Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2012, 08:36 WIB

KOMPAS.com – Anda pernah mencoba tes kehamilan? Baru-baru ini ahli kesehatan membahas topik mengejutkan: Apakah tes kehamilan dapat mendiagnosa, atau hanya mengisyaratkan, kehadiran kanker tertentu ?


Pakar medis dari Fox Dr.  Manny Alveraz  menulis tentang kasus mengejutkan seorang pria yang melakukan  tes kehamilan dan  hasilnya positif. "Baru-baru ini, seorang pengguna anonim memposting sebuah cerita yang ia kira lucu ke situs berita sosial populer, Reddit. Orang itu menceritakan  bagaimana teman laki-lakinya mencoba tes kehamilan - yang hasilnya ternyata positif. "Setelah banyak menuai banyak komentar, seorang teman mendesak pria itu untuk pergi dokter, ternyata si pria benar-benar menderita kanker testis," tulis Dr. Alvarez.


Jadi apa yang sebenarnya terjadi? Ternyata pria itu tidak benar-benar hamil, tetapi menderita kanker testis. "Tes kehamilan mendeteksi hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG).  Sel-sel kanker beberapa yang juga memproduksi beta hCG, Kanker ini termasuk kanker testis.  Tetapi juga  ada kanker tertentu yang berkaitan dengan sistem reproduksi wanita seperti koriokarsinoma, tumor germ cell ovarium,  yang telah dikaitkan dengan peningkatan tinggi hCG "


Jadi apakah ini artinya Anda bisa mendeteksi kanker dengan melakukan tes kehamilan? Saat ini tidak bisa dipastikan. Belum ada penelitian yang lebih lanjut tentang ini yang memberikan bukti ilmiah yang kuat. Tapi buat perempuan, itu adalah alasan yang baik untuk selalu mengunjungi  dokter Anda jika mendapatkan hasil positif pada tes kehamilan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com