Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Sambil Belajar, Mau?

Kompas.com - 28/12/2012, 17:59 WIB

KOMPAS.com - LIburan tak selalu diisi dengan sekedar jalan-jalan. Para pelancong juga kerap kali mengisi liburan dengan aktivitas belajar di sebuah destinasi wisata seperti fotografi, memasak, hingga menulis.

Beberapa perusahaan biro perjalanan dan kapal pesiar kini menyediakan produk wisata berupa tur dengan unsur pendidikan akibat semakin tingginya minat wisatawan terhadap produk sejenis.

Menurut situs berita News.com.au, sebuah biro perjalanan wisata yaitu Insight Vacations, memiliki paket tur baru yaitu tur fotografi di Italia. Wisatawan akan ditemani fotografer profesional dalam tur tersebut.

Sementara biro perjalanan wisata lainnya, Trafalgar menyediakan paket tur yang mengajak wisatawan untuk belajar memasak di New Orleans, Amerika Serikat. Sedangkan biro perjalanan wisata AAT Kings menawarkan tur yang termasuk kelas wine (minuman anggur) di Tasmania.

Menurut Managing Director Trafalgar Matt Cameron-Smith, perusahaan miliknya telah memperkenalkan pengalaman belajar dalam paket tur mereka sejak dua tahun lalu. Sampai saat ini, pihaknya terus menambah paket belajar karena respon positif dari para pelanggan mereka.

"Anda bisa belajar resep baru di sebuah tempat wisata, lalu pulang dan mengadakan pesta makan malam dan memasaknya sendiri dari resep yang Anda bawa dari Perancis atau Amerika Serikat," katanya.

Menurutnya, orang-orang ingin mendapatkan pengalaman yang nyata dan ketika seseorang mempelajari sesuatu saat berlibur, sentuhan ini akan lebih lama diingat. Hal ini, lanjutnya, juga membantu keluarga untuk berinteraksi lebih dalam.

"Dalam beberapa rencana perjalanan tur Eropa kami, Anda bisa belajar cara membuat pizza dan gelato dengan anak-anak Anda," katanya.

Managing Director Biznaga Travel Company Casey Death, menuturkan dalam beberapa tahun belakangan, perkembangan terbesar datang dari paket tur yang melibatkan pembelajaran secara langsung. Biro perjalanan wisata ini sendiri fokus pada gastronomi dan wisata budaya di Spanyol.

"Perjalanan yang membuat orang menikmati liburan sambil belajar keahlian baru semakin populer. Tamu kami senang bisa mencoba memerah susu dan menggunakan susu tersebut untuk membuat keju," tuturnya.

Sebuah resor di Fiji, Daku Resort, bahkan telah meningkat permintaan tamu dalam hal menyediakan paket kursus, termasuk melukis, menyanyi, dan penulisan kreatif yang diajarkan oleh guru asal Australia. Tadinya dalam setahun hanya 10 tamu, sekarang menjadi 35 tamu per tahun dalam jangka waktu enam tahun.

"Mereka telah mendapatkan pasar ceruk orang-orang yang menginginkan liburan berdasarkan aktivitas yang mereka suka," kata Delia Rothnie-Jones, dari resor tersebut.

Ia mengaku saat ini persaingan semakin ketat karena makin banyaknya akomodasi menawarkan hal serupa. Namun, lanjutnya, angka permintaan malah naik.

Sedangkan Crystal Cruises, sebuah operator kapal pesiar, menyediakan beberapa pesiar tematik termasuk pelajaran dan kursus dengan seniman, pembuat film digital, dan pemain golf profesional.

Pelancong dapat belajar menari tango di Buenos Aires, Argentina, sebagai tempat lahirnya tarian tango. Atau, belajar melukis panorama tertentu, bahkan belajar menulis autobiografi dalam kursus menulis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com