Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/01/2013, 10:22 WIB

KOMPAS.com - Pada 2013, penikmat juga pemerhati fashion, serta pelaku bisnis fashion kembali dimanjakan dengan pekan mode yang menjadi agenda fashion tahunan, Indonesia Fashion Week (IFW). Anda bisa menjadwalkan ajang ini dalam agenda pribadi. Tepatnya pada 14–17 Februari 2013 di Jakarta Convention Center, Indonesia Fashion Week kembali hadir untuk memberikan sumber inspirasi mode bagi berbagai kalangan.

Berbeda dengan ajang fashion lainnya di Indonesia, Indonesia Fashion Week adalah satu-satunya ajang yang mengkombinasikan acara fashion show dan pameran dagang di Indonesia. Indonesia Fashion Week tidak hanya merupakan ajang sosialisasi tren mode terbaru, tetapi juga sebagai ruang pamer bagi produk fashion terlengkap, seminar, kompetisi. Berbagai elemen menyatu di ajang ini desainer, akademisi, asosiasi, bisnis dan pemerintah.

Lantas mengapa ajang ini penting masuk dalam agenda Anda? Ini 10 alasannya:

1. Produk lokal kualitas global.

Indonesia Fashion Week mengkurasi lebih dari 500 merek lokal yang mewakili kekayaan kreatif Indonesia. Semua produk dibuat dengan konten lokal namun berkualitas global.

2. Selebrasi mode.

Pekan mode tidak akan lengkap tanpa fashion show. Di Indonesia Fashion Week, semua fashion show akan digelar di panggung Plenary Hall berkapasitas penonton 2000 orang. Setiap harinya akan terdapat tema yang berbeda untuk fashion show; Evening Wear (hari ke-1), Muslim Wear (hari ke-2), Men’s Wear (hari ke-3) dan Casual Cutting Edge (hari ke-4). Tak hanya desainer ternama yang bakal tampil mempertunjukkan koleksi terkininya, namun juga desainer pendatang baru, asosiasi hingga independen akan melebur secara harmonis dalam perayaan mode ini.

3. B2B dan ritel.
Indonesia Fashion Week 2013 akan mulai mengadopsi sistem B2B (Business to Business). Lebih dari 20 persen peserta pameran telah siap untuk ekspor. Mereka mampu memenuhi kebutuhan buyer yang ingin membeli dalam jumlah banyak dan mengirimnya ke seluruh dunia. Indonesia Fashion Week memberi ruang untuk pembeli ritel. Industri pakaian jadi/tekstil pun dapat membeli ide di ajang ini lewat zona Starting Point.

4. Zona baru.
Anda bisa mengeksplorasi mode di Indonesia Fashion Week yang punya banyak zona berbeda. Jika biasanya IFW memiliki zona evening wear,casual wear, muslim wear, men's wear, kids wear, mulai 2013 ada tiga zona baru; Concept Point (mengedepankan pelaku industri yang memiliki multi produk dalam kesatuan konsep brand), Starting Point (zona jual ide kreatif dari desainer untuk industri tekstil dan garmen), Green Zone (zona edukasi fashion cinta
lingkungan).
 
5. Tamu istimewa.
Keanggotaan IFW dalam World Fashion Organization yang berpusat di New York, memungkinkan IFW menampilkan desainer internasional di slot fashion show. Mereka adalah desainer yang memiliki pencapaian hebat dan mampu memberikan motivasi serta inspirasi bagi perkembangan fashion Indonesia. Siapa saja mereka? Kejutan untuk Anda.

6. Kompetisi.
Sebagai bentuk dukungan atas kelahiran bakat-bakat baru di dunia fashion, setiap tahunnya, Indonesia Fashion Week selalu menggelar kompetisi. Di antaranya: Indonesia Fashion Entrepreneur Competition. Tahun ini, kompetisi dibagi menjadi dua tipe; busana dan aksesori. Pemenangnya akan dianggap sebagai duta muda ready to wear Indonesia dan mendapatkan hadiah berupa partisipasi di Pameran Dagang Internasional.

7. Fashion for All
Indonesia Fashion Week terbuka untuk berbagai kalangan, bukan acara mode untuk komunitas tertentu saja. Berbagai kalangan terlibat dalam kegiatan ini, dari desainer senior, pendatang baru, komunitas street wear, pengrajin, siswa sekolah, pengusaha hingga pemerintahan.

8. Inspirasi gaya.

Anda bisa mendapatkan inspirasi gaya bukan hanya dari peserta yang terlibat atau dari koleksi terkini para desainer kebanggaan Indonesia. Semua peminat mode berkumpul dalam ajang ini. Para desainer, media, buyer, blogger, fotografer, siswa sekolah hingga penggemar fashion bertemu di ajang ini. Mereka datang dengan gaya personal yang unik dan berkarakter. Anda bisa menemukan inspirasi darinya.

9. Apresiasi sarung.
Melanjutkan gerakan mode tahun lalu, Indonesia Fashion Week mengusung sarung sebagai tren fashion. Sarung yang memiliki karakter fleksibel dan praktis, diyakini mampu lebih populer ke depannya, tidak hanya di Indonesia namun di dunia. Bawa sarung Anda, ikuti tren juga gerakan sosialisasi sarung. Anda bisa punya andil di dalamnya.

10. Gerakan mode.
Indonesia Fashion Week menjadi salah satu cara dari Indonesia untuk menunjukkan kreativitas tinggi dari pelaku industri fashion, juga antusiasme besar dari Anda para peminat mode. Dengan ajang ini, juga partisipasi Anda, Indonesia terus melangkah berkiprah di pentas fashion dunia. Rangkaian pra event dan post event disiapkan untuk memperkuat fondasi industri mode. Ini adalah gerakan mode bukan semata ajang pamer produk fashion.

Sumber: Public Relations Indonesia Fashion Week 2013

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com